R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Daftar Peluang Usaha Di Kampung yang Menjanjikan Untung

Sebagian orang berpikir bahwa cari peluang usaha di kampung cukup sulit karena aksesnya serba terbatas. Itulah sebabnya banyak masyarakat kampung yang berbondong-bondong pergi merantau ke daerah kota untuk mengadu nasib. Namun anggapan itu sebenarnya keliru karena baik di kampung maupun maupun kota memiliki tantangan dan potensinya tersendiri.

Daftar Peluang Usaha Di Kampung yang Menjanjikan Untung
Gambar: pexels.com

Agar bisa membuka bisnis peluang usaha di kampung, Anda harus paham kebutuhan masyarakan terlebih dulu. Secara garis besar, tentu saja kebutuhannya berbeda dengan orang-orang di kota. Inilah hal dasar yang harus dipahami. Anda juga bisa mencari peluang usaha yang cocok dengan karakteristik masyarakat dan lingkungan kampung.

Untuk membantu Anda mendapatkan inspirasi, berikut kami sajikan informasi mengenai daftar peluang usaha yang menjanjikan di kampung.

1. Loket Pembayaran Listrik

Peluang usaha loket pembayaran listrik di kampung cukup menjanjikan mengingat jauhnya lokasi kantor PLN dari lokasi sekitar. Anda dapat menjadi agen pembayaran listrik dan mendapatkan penghasilan setiap terjadi transaksi bulanan listrik pascabayar dari biaya admin yang dibebankan kepada konsumen. Selain itu, Anda juga bisa menjual token listrik prabayar alais menjadi reseller token. Dengan demikian, Anda memiliki 2 jenis produk layanan listrik yang dijual.

Untuk dapat membuka loket pembayaran listrik maupun menjadi reseller token, cukup datangi distributor atau kantor PLN di daerah Anda untuk mendaftar menjadi agen. Listrik adalah kebutuhan dasar rumah tangga sehingga pelanggannya sudah pasti akan ada terus setiap bulan.

2. Usaha Air Galon Isi Ulang

Bisnis di kampung yang tidak kalah menjanjikan adalah membuka usaha air galon isi ulang. Sama seperti listrik, air minum adalah kebutuhan dasar rumah tangga sehingga permintaannya tidak pernah hilang.

Sumber mata air di kampung umumnya masih bersih dan asri sehingga bagus untuk dijadikan lokasi pengambilan air galon isi ulang. Selain itu, persiapkanlah berbagai alat sterilisasi air seperti pompa, mesin penyuling, tong besar, dan lain sebagainya. Buat sebuah promosi yang menarik dengan memberikan layanan gratis antar jemput.

Pilihan lain untuk membuka usaha galon isi ulang di kampung adalah dengan memesan air langsung pada penyedia sehingga tidak perlu repot menyediakan sumber air sendiri. Sebuah truk besar akan datang beberapa hari sekali untuk menyuplai air galon bersih untuk ditampung di tempat Anda.

3. Bisnis Pulsa dan Kuota

Saat ini sinyal ponsel baik 3G maupun 4G sudah masuk ke kampung dengan relatif baik. Akibatnya, permintaan pulsa telepon maupun kuota internet menjadi tinggi. Apalagi di zaman serba digital seperti sekarang ini, kebutuhan akan kuota internet menjadi lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Anda tidak perlu memiliki tempat khusus. Menggelar lapak di depan rumah saja sudah cukup karena ini adalah jenis usaha sampingan di desa yang fleksibel. Sediakanlah pulsa dan kuota internet dari berbagai operator seluler dengan pilihan nominal dari yang terkecil sampai terbesar untuk menambah variasi produk dan memikat pelanggan dari semua kalangan.

4. Potong Rambut

Peluang usaha di kampung yang menjanjikan berikutnya adalah membuka bisnis potong atau pangkas rambut. Masyarakat tidak perlu pergi jauh ke kota hanya untuk mencari jasa barber.

Anda perlu memiliki skill mencukur yang mumpuni agar bisa memotong rambut pria maupun wanita. Terdapat beberapa les keterampilan mencukur yang bisa Anda ikuti. Prosesnya hanya beberapa bulan saja. Biaya yang dikeluarkan untuk belajar akan balik modal saat usaha cukur rambut Anda dibuka.

Anda bisa membuka jasa pangkas rambut pria atau potong rambut wanita dengan berbagai variasi tambahan seperti keramas, cuci dan blow, mewarnai rambut, hingga smoothing.

Selain mengikuti pelatihan, biaya awal yang dibutuhkan tidak besar. Anda hanya perlu seperangkat alat cukur dan gunting rambut yang jika dihitung tidak membutuhkan modal terlalu besar. Potong rambut adalah salah satu ide bisnis modal kecil untung besar.

5. Jastip (Jasa Titip) Ke Kota

Jastip atau jasa titip adalah jenis bisnis yang menekankan pada jasa. Caranya adalah Anda pergi ke kota untuk membantu membelikan sebuah produk yang tidak ada di kampung. Nantinya, konsumen akan membayar harga barang plus biaya titip yang ditentukan.

Baca Juga: Penjelasan Cara Kerja Sistem Dropship

Peluang usaha di perkampungan ini terbukti ampuh untuk menambah pundi-pundi penghasilan terutama di kalangan anak muda. Anda dapat membuat sebuah grup WhatsApp sebagai tempat berkumpulnya konsumen agar lebih mudah dalam berkomunikasi mengenai barang yang akan di-jastip-kan. Anda dan konsumen dapat saling bertukar foto untuk memastikan barang yang dititip sudah sesuai dengan pesanan.

Anda dapat mengatur hari untuk pergi ke kota agar tidak perlu berangkat setiap hari, misalnya berangkat di hari Senin dan Kamis saja. Sambil menunggu hari keberangkatan, Anda dapat mengumpulkan daftar barang yang akan dititip sembari mencari konsumen baru.

Kaum wanita lebih banyak membuka usaha jastip sehingga cocok untuk menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga. Namun kaum pria pun tidak boleh kalah karena tidak sedikit anak-anak muda lelaki yang ikut membuka jastip terutama di produk berjenis fashion (baju, sepatu, topi, dll).

6. Agen Gas Elpiji (LGP) 3 Kg

Cara mencari peluang usaha di kampung adalah dengan melihat kebutuhan masyarakat sekitar. Salah satu kebutuhan pokok masyarakat adalah memasak untuk mendapatkan makanan. Untuk memasak tentunya dibutuhkan gas elpiji (LGP), bukan?

Baca Juga: Usaha Makanan Rumahan yang Bisa Dijual Online

Anda dapat menjadi agen resmi agar dapat menyalurkan gas elpiji 3 Kg pada pengecer maupun masyarakat langsung. Ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dipehuni untuk menjadi agen gas elpiji 3 Kg. Cukup hubungi Pertamina terdekat di daerah Anda untuk mendapatkan syarat lengkapnya.

Setelah semua proses selesai, bisnis ini akan berjalan relatif lancar karena kebutuhannya selalu ada. Setiap rumah pasti membutuhkan gas elpiji 3 Kg.

7. Bensin Eceran

Tidak seperti Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) berskala besar yang membutuhkan modal fantastis, modal untuk membuka usaha bensin eceran relatif minim. Apalagi keberandaan SPBU di kampung umumnya masih sedikit dan lokasinya berjauhan satu sama lain. Anda dapat memanfaatkan celah ini untuk membuka peluang usaha di kampung dengan modal minim.

Pergi ke kota untuk sekedar mengisi bensin tentu akan sangat boros. Keberadaan bensin eceran akan membantu masyarakat kampung yang memiliki kendaraan untuk mengisi bahan bakar dengan lebih hemat.

Itulah beberapa contoh ide peluang usaha di kampung yang berpotensi memberikan keuntungan besar. Manakah yang paling sesuai dengan keinginan Anda? Pastikan juga untuk memiliki modal cukup sebelum mebuka usaha agar bisnis dapat berjalan lancar. Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis di kampung relatif kecil kok, jadi tidak perlu cemas.

Artikel Terkait