R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Usaha Sampingan Pelajar Modal Kecil yang Mudah dan Untung Besar

Apakah kamu masih duduk di bangku sekolah SMP, SMA, atau mahasiswa yang berkuliah dan ingin mencoba usaha sampingan pelajar dengan modal kecil? Meski memiliki kewajiban untuk belajar, kamu tetap bisa lho merintis bisnis sampingan dari rumah dengan modal awal yang tidak besar.

Usaha Sampingan Pelajar Modal Kecil Untung Besar
Gambar: unsplash.com

Usaha sampingan untuk pelajar tentunya tidak boleh mengganggu proses belajar, sehingga yang ideal adalah jenis usaha yang bisa dilakukan di rumah atau memiliki jam kerja yang fleksibel.

Tidak hanya menambah uang saku, usaha sampingan juga dapat menambah pengalaman dan melatih mental sebelum terjun ke dunia kerja atau bisnis yang sebenarnya. Bahkan kamu bisa mengembangkan usaha yang lebih besar saat selesai sekolah nanti.

Lantas apa saja usaha sampingan untuk pelajar dengan modal kecil yang menghasilkan untung besar? Berikut Digitulis.com berikan rekomendasi bisnis kecil-kecilan cuan gede yang bisa dilakukan sambil sekolah.

1. Jasa Ketik

Usaha sampingan pelajar modal kecil untung besar yang pertama yaitu jasa ketik. Kamu hanya perlu mengetik dokumen sesuai pesanan pelanggan tanpa perlu memikirkan isi materinya. Klien bisa dicari dari teman sekolah sendiri, mahasiswa, sampai pekerja kantoran.

Pelajar SMP atau SMA sering ditugaskan untuk membuat makalah. Kamu bisa menawarkan jasa untuk mengetik materi mereka dari tulisan tangan menjadi dokumen di Microsoft Word atau PDF.

Untuk klien mahasiswa, biasanya pesanan akan meningkat saat waktu pembuatan skripsi tiba. Kakak mahasiswa bisa fokus melakukan riset dan menganalisa data, sementara kamu membantu mengetik hasil peneliatiannya menjadi dokumen. Kamu pun bisa sekaligus mendapatkan ilmu dan pengalaman menulis skripsi dari mereka.

Pekerja kantoran memilik tugas yang banyak dan terkadang tidak sempat untuk mengetik dokumen. Kamu bisa menawarkan jasa ketik pada mereka.

Modal yang diperlukan adalah sebuah komputer atau laptop. Di jaman digital yang proses pembelajarannya terkadang dilakukan secara online seperti sekarang, biasanya orang tua sudah memberikan komputer pada anaknya. Namun jika belum memilikinya, kamu bisa mengetik di warnet dan membayar perjam dengan biaya relatif murah.

2. Jasa Print (Percetakan)

Jika kamu memiliki printer dan hanya dipakai untuk mencetak tugas sekolah, maka ini saatnya untuk menjadikannya ladang bisnis. Selain membuka jasa ketik seperti yang disebutkan di nomor satu, kamu pun bisa sekalian membuka jasa cetaknya. Dengan begitu, penghasilan yang didapatkan akan lebih banyak.

Selain mencetak dokumen seperti makalah dan skripsi, printer juga bisa dipakai untuk mencetak kartu undangan, kartu nama, atau desain kaos. Jangan dulu memikirkan skala besar seperti percetakan perusahaan besar, namun mulailah dari skala kecil.

Saat mendapatkan orderan yang cukup besar, barulah lemparkan orderannya ke percetakan besar. Kamu bisa menaikkan harganya sedikit sebagai uang jasa dan dari situlah keuntungannya didapatkan.

Modal yang diperlukan adalah komputer dan printer pemberian orang tua untuk sekolah. Sementara kertas dan tinta printer bisa kamu beli sendiri karena harganya yang murah.

3. Les Private

Jika unggul dalam mata pelajaran tertentu, manfaatkanlah ilmu yang kamu tahu untuk membuka jasa les private. Klien yang didapat bisa dari adik kelas bahkan teman setingkat yang ingin memperdalam materi di sekolah.

Selain itu, pelajar dengan jenjang pendidikan yang lebih rendah bisa menjadi klien. Misalnya jika kamu SMA, maka ambillah siswa SMP sebagai peserta les private. Kerja sampingan pelajar offline ini bersifat part time atau paruh waktu sehingga bisa dilakukan saat luang.

Kamu hanya perlu menyediakan satu ruang khusus sebagai tempat belajar. Bisa di ruang tengah, ruang keluarga, atau di kamar. Mintalah izin pada orang tua untuk meminjam ruangan tersebut. Atau kamu bisa pergi ke rumah klien untuk mengajar saat jam sekolah usai.

4. Jual Makanan Ringan

Kamu atau orang tuamu pintar memasak? Coba deh untuk menjual makanan ringan untuk menambah penghasilan. Usaha sampingan pelajar ini membutuhkan modal kecil karena masakan yang dibuat hanya yang ringan saja, misalnya cemilan.

Kamu bisa membungkusnya kecil-kecil dan membawanya ke sekolah. Tawarkan makanannya pada teman sekelas atau ke kelas lain saat jam istirahat.

Ada banyak jenis makanan ringan kekinian yang banyak peminatnya. Sebut saja cilok, kerupuk, ciki, makaroni, wafer, kue kecil, minuman jus, sampai jajanan tradisional. Ini adalah salah satu contoh usaha sampingan modal kecil untung besar.

5. Penulis Konten di Blog atau Website

Modal yang diperlukan untuk memulai pekerjaan menulis dan mengisi konten di sebuah blog atau website adalah komputer dan internet saja. Biasanya banyak bloger profesional yang mencari artikel untuk diposting di blognya. Kamu bisa menawarkan jasa untuk menulis konten sesuai dengan topik yang mereka butuhkan.

Perusahaan besar yang memiliki website pun tidak ketinggalan. Mereka selalu membutuhkan konten baru dan segar untuk disajikan pada pembaca.

Penghasilan yang didapatkan adalah per artikel. Semakin banyak artikel yang dibuat, semakin banyak pula penghasilannya.

6. Reseller dan Dropshipper

Berkembangnya kebiasaan masyarakat untuk berbelanja secara online menjadikan peluang jual beli semakin terbuka lebar. Kamu bisa memilih untuk menjadi reseller atau dropshipper sebagi cara untuk masuk ke dunia jual beli.

Menjadi reseller mengharuskan membeli produknya terlebih dahulu dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Kalaupun dijual dengan harga pasaran yang normal, kamu tetap mendapat keuntungan karena barangnya dibeli dengan harga awal yang jauh di bawah. Pekerjaan ini menjadikannya masuk dalam kategori usaha sampingan pelajar modal kecil untung besar.

Sementara sistem kerja dropship sendiri tidak mengharuskan mengeluarkan modal. Kamu hanya perlu mencari supplier utama dan membantu menjualkannya. Dengan kata lain, kamu menjadi perantara saja antara supplier dan pembeli karena barang tidak benar-benar dimiliki. Sama seperti reseller, dropshipper pun mendapatkan harga khusus yang lebih murah sehingga tetap bisa mendapatkan keuntungan setiap kali produk terjual.

Barang populer yang bisa dicoba untuk dijual sebagai reseller atau dropshipper antara lain: hijab, sepatu, baju, makanan kekinian, skincare, perabotan rumah tangga, dan barang elektronik.

7. Jual Buku Bekas

Setiap naik kelas, buku yang dipakai untuk belajar pun berganti karena kurikulumnya berbeda. Daripada dibiarkan berdebu dan menguning, jual saja buku-buku itu pada adik kelas.

Baca Juga: Jurusan Kuliah yang Gampang Cari Kerja

Yang hobi membaca komik atau novel pun bisa tuh untuk menjual buku tidak terpakai atau yang sudah dibaca. Kamu bisa memasarkannya lewat marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. Media sosial juga bisa dimanfaatkan kok untuk jualan, sebut saja contohnya Instagram, Tiktok, Twitter, dan Facebook.

8. Desain Grafis

Bagi yang jago desain, usaha sampingan modal kecil sebagai desain grafis adalah peluang yang tidak boleh dilewatkan. Kamu bisa mendesain kaos, spanduk, membuat logo, membuat katalog produk, atau membuat konten untuk Instagram sebuah brand perusahaan.

Modalnya hanya komputer yang sudah dimiliki dan sedikit waktu luang saat jam sekolah selesai.

9. Pet Grooming

Usaha sampingan pelajar ini sangat cocok bagi yang menyukai binatang. Jika hobi merawat kucing atau anjing, kamu bisa memanfaatkan aktifitas ini menjadi ladang penghasilan tambahan.

Cukup banyak orang yang memiliki hewan peliharaan namun tidak sempat untuk merawatnya. Kamu bisa membuka jasa grooming seperti memandikan dan perawatan salon sederhana. Mengajak jalan-jalan hewan peliharaan juga termasuk dalam pilihan jasa yang ditawarkan.

Pastikan sudah paham betul cara merawat binatang ya karena tanggung jawabnya cukup besar.

Itu dia beberapa contoh usaha sampingan bagi pelajar modal kecil dengan keuntungan besar. Beberapa diantaranya mudah dilakukan, sementara lainnya butuh bantuan orang tua. Apapun bisnis kecil-kecilan yang kamu pilih, jangan sampai mengganggu jam belajar karena itu kewajiban utama.

Artikel Terkait