R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Di Masa Depan. Prospek Kerja Cerah!

Memilih jurusan saat kuliah tidak bisa asal saja. Anda harus memikirkan matang-matang bidang yang disukai atau ingin dikuasai dan peluangnya besar di dunia kerja. Jurusan kuliah sangat berpengaruh dengan pekerjaan yang akan didapatkan. Pilihlah jurusan kuliah yang memiliki prospek cerah dan menjanjikan agar karir Anda cemerlang.

Jurusan Kuliah yang Gampang Kerja
Gambar: pexels.com

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan di berbagai sektor kerja pun berubah. Contoh saja beberapa tahun lalu pekerjaan di dunia boradcasting seperti TV dan radio sangat populer. Namun dengan berkembangnya teknologi seperti YouTube, kini semua orang bisa memiliki channel masing-masing dan tidak perlu melamar ke stasiun TV untuk bisa tampil. Alhasil popularitas pekerjaan di bidang boradcasting menurun dan pekerjaan yang berhubungan dengan dunia digital pun meningkat.

Memilih jurusan kuliah dengan masa depan cerah harus dipertimbangkan dari sisi perkembangan teknologi dan zaman. Lalu kira-kira apa saja jurusan yang gampang cari kerja dan banyak dibutuhkan perusahaan? Berikut Digitulis.com rangkum informasinya.

1. Teknik Informatika

Seiring dengan beralihnya kebiasaan masyarakat ke arah digital seperti pesan ojek online, punya dompet digital, pembayaran cashless, sampai transaksi jual beli online, maka pekerjaan di bidang teknologi pun semakin terbuka lebar. Jurusan kuliah teknik informatika akan mengajarkan tentang pemrograman dan coding untuk menghasilkan sebuah situs atau aplikasi.

Saat ini banyak bermunculan start-up yang dirintis oleh anak muda. Untuk membuat produknya, tentu saja dibutuhkan banyak programmer handal. Kebanyakan programmer adalah lulusan Teknik Informatika yang sudah paham betul tentang cara membuat aplikasi.

2. Ilmu Komputer

Jika Teknik Informatika berfokus pada praktik agar mampu membuat aplikasi, maka Ilmu Komputer lebih berfokus pada teori dan strategi penerapannya. Ilmu yang dipelajari mencakup hal yang bersifat teoritis seperti menyusun algoritma, teori jaringan, dan kajian sistem operasi. Namun mahasiswa tetap melakukan praktik dari ilmu komputer yang dipelajarinya.

Prospek karir untuk ilmu komputer antara lain adalah konsultan IT, desainer game, developer software dan aplikasi, hingga tenaga pendidik.

3. Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi menggabungkan ilmu komputer dan ilmu bisnis. Mahasiswa akan belajar mengidentifikasi kebutuhan perusahaan berdasarkan data-data yang ada. Kemudian mahasiswa akan merancang sistem yang dibutuhkan perusahaan sesuai dengan data yang diberikan.

Baca Juga: Skill Dasar Programmer yang Wajib Dimiliki

Selain belajar pemrograman, mahasiswa akan mempelajari strategi bisnis di dunia IT. Prospek kerja untuk jurusan Sistem Informasi antara lain IT Manager, System Analyst, Data Analyst, Security Analyst, Project Manager, dan admin database.

4. Marketing

Jurusan marketing berfokus pada pemasaran. Mahasiswa akan belajar cara menganalisa kebutuhan pasar hingga memasarkan produknya. Anda yang memiliki imajinasi tinggi cocok masuk jurusan marketing karena akan diajarkan cara membuat strategi periklanan yang kreatif, menulis copywriting iklan yang menarik, hingga membuat desain iklan yang unik.

Baca Juga: Bisnis Kecil-Kecilan Buat Pelajar Modal Kecil

Media sosial sudah menjad kebutuhan penting bagi masyarakat. Perusahaan pun mulai memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media pemasaran. Dengan besarnya pasar digital tersebut, lulusan jurusan marketing akan sangat dibutuhkan untuk membuat trik-trik pemasaran yang cerdas.

5. Ilmu Komunikasi

Komunikasi adalah hal fundamental dari hubungan masyarakat dalam bersosialisasi. Karenanya, komunikasi tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari dan tidak akan pernah lekang oleh waktu.

Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi akan belajar bagaimana caranya menyampaikan informasi sejelas mungkin kepada masyarakat melalui berbagai media. Anda akan memiliki kemampuan berbicara public speaking, menulis, dan mendengarkan dengan efisien.

Baca Juga: Pekerjaan yang Berhubungan dengan Menulis

Prospek karir jurusan ilmu komunikasi diantaranya dapat bekerja sebagai Public Relation (PR) perusahaan yang bertugas untuk menjalin komunikasi dengan berbagai pihak. Selain itu divisi marketing juga membutuhkan jurusan Ilmu Komunikasi untuk membuat strategi pemasaran yang efisien dan mudah diterima oleh masyarakat luas.

Pekerjaan lain yang terbuka antara lain produser TV, penulis skenario, videografer, sampai YouTuber lho.

6. Desain Grafis dan DKV

Pesatnya kemajuan dunia digital dan meningkatnya pemakaian media sosial membuat perusahaan memanfaatkannya sebagai media promosi. Anda pasti sering menemukan sebuah brand yang mengunggah konten gambar menarik di Instagram. Untuk mendesain gambar tersebut dibutuhkan seorang lulusan desain grafis atau DKV.

Merancang sebuah gambar perlu ditelisik dari sisi psikologis agar mampu menarik minat masyarakat. Mulai dari pemilihan warna, objek gambar, tema gambar, dan lain sebagainya.

7. Teknologi Game

Perkembangan dunia game terbilang sangat pesat. Bahkan kompetisi olahraga digital alias e-sports sudah lumrah terjadi. Ini membuktikan bahwa pasar game sangat besar dan merata di seluruh dunia.

Saat ini, game tidak hanya terpaku pada console khusus seperti Playstation atau XBOX saja. Komputer dan bahkan ponsel pintar alias smartphone sudah lebih dari sanggup untuk menjalankan sebuah game. Kebutuhan yang begitu besar membuat peluang untuk menjadi seorang game developer terbuka lebar. Prospek kerjanya sangat cerah dan menjanjikan.

8. Kedokteran

Kedokteran adalah jurusan yang selalu populer dan tidak pernah lekang tergerus zaman. Besarnya penghasilan yang didapatkan, gengsi tinggi, dan status sosial yang otomatis naik saat menjadi seorang dokter adalah alasan yang cukup untuk membuat banyak anak muda tertarik mencobanya.

Selama ada manusia, maka dokter akan selalu dibutuhkan sampai kapanpun karena pekerjaannya yang menyangkut kesehatan. Jika Anda berminat masuk ke jurusan kedokteran, pastikan untuk memilih jurusan IPA saat SMA.

Itulah dia beberapa jurusan kuliah dengan prospek cerah dan dibutuhkan di dunia kerja masa depan. Apakah jurusan incaran Anda masuk dalam daftar? Jika ada jurusan yang tidak disebutkan di atas, bukan berarti peluang kerjanya terbatas ya. Yang penting pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Artikel Terkait