R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

7 Skill Dasar Programmer yang Harus Dimiliki Oleh Pemula

Pekerjaan menjadi seorang programmer sudah mulai diminati oleh banyak orang. Tidak hanya yang memiliki gelar sarjana saja, namun mereka yang lulusan SMA pun mampu menjadi seorang programmer handal. Ini membuktikan bahwa untuk menjadi programmer tidak dibatasi oleh gelar akademik. Banyak sekali programmer hebat yang belajar otodidak dan mengasah kemampuannya secara mandiri.

Skill Dasar Programmer yang Penting
Gambar: pexels.com

Programmer Tidak Harus Lulusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika

Jika Anda tidak sempat berkuliah atau memiliki gelar akademik yang bukan berasal dari jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika, peluang menjadi programmer tetap terbuka lebar selama Anda memiliki skill yang dibutuhkan. Anda dapat mempelajari coding dari berbagai sumber. Sebut saja seperti bootcamp, webinar, YouTube, kursus, dan sebagainya. Ada banyak perusahaan yang tidak melihat gelar akademik, melainkan menilai dari skill, pengalaman, dan portofolio.

Jika berminat meniti karir sebagai programmer, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal dan skill yang harus dimiliki seorang programmer. Ini penting agar Anda dapat mempersiapkannya jauh-jauh hari demi dapat bersaing di dunia kerja.

1. Bahasa Inggris

Semua bahasa pemrograman, baik itu JavaScript, PHP, Python, dan lainnya ditulis menggunakan Bahasa Inggris. Dokumentasinya pun kebanyakan berbahasa Inggris. Selain itu, Bahasa Inggris sangat bermanfaat untuk bertanya di forum atau mencari referensi saat Anda kebingungan dalam menangani error.

Lowongan menjadi programmer lepas (freelance) pun didominasi oleh klien luar negeri. Bahasa yang digunakan sudah pasti Bahasa Inggris. Selain memperluas pasar, gaji yang didapatkan dari klien luar negeri lebih besar karena menggunakan kurs dollar. Skill dasar programmer ini dapat membantu Anda mendapatkan penghasilan yang lebih baik.

2. Ahli Dalam Satu Bidang

Dari semua bahasa pemrograman yang ada, pilihlah salah satu yang paling Anda kuasai. Tentukan pilihan untuk fokus di bidang front-end atau back-end, lalu perdalam pengetahuan tentang bahasa yang digunakan dalam bidang tersebut. Lebih baik Anda benar-benar paham dan fasih mengenai satu bidang dan fokus pada hal itu daripada mengetahui banyak hal namun hanya di permukannya saja.

3. Logika yang Tajam

Beberapa logika pemrograman antara lain:

  1. Logika perbandingan: sama dengan, lebih kecil, lebih besar, diantara, atau tidak sama dengan)
  2. Logika aritmatika: penjumlahan, pengurangan, perkalian, dll
  3. Logika perulangan: looping
  4. Logika boolean: true false / benar salah

Logika pemrograman adalah bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah yang muncul saat proses coding. Jika menguasai logika, maka saat belajar bahasa pemrograman lain akan mudah. Ini karena logika dasar itu sama, hanya penulisannya saja yang berbeda sesuai dengan bahasa pemrograman masing-masing. Ini skill dasar programmer yang sangat penting.

4. Kemampuan Debugging

Debugging adalah kegiatan untuk menganalisa dan mencari bug (error) kemudian memperbaikinya. Hasil akhir produk harus sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan. Proses debugging bisa berlangsung beberapa kali sampai errornya berhasil diperbaiki. Kesabaran dan ketekunan sangat diperlukan dalam skill dasar programmer ini.

Baca Juga: Pekerjaan Bagi yang Hobi Menulis

5. Mampu Beradaptasi dengan Teknologi Baru

Skill dasar programmer yang harus dikuasai selanjutnya adalah kemampuan adaptasi. Setiap hari terjadi perkembangan di dunia pemrograman. Ada banyak framework dan library baru bermunculan. Anda harus dapat mengimbangi perkembangan tersebut dengan mempelajari teknologi baru yang muncul. Tidak jarang Anda harus memperbarui kode lama untuk diganti menggunakan framework atau library baru. Hal ini dimaksudkan agar produk tetap up to date menggunakan teknologi terkini.

6. Memahami Database

Database digunakan untuk menyimpan seluruh data dan informasi secara sistematis dan terstruktur. Database sangat penting agar programmer dapat menyimpan data, mengidentifikasi data, dan menghindari data duplikat. Data sangat penting karena menyangkut informasi pelanggan maupun aplikasi itu sendiri.

7. Portofolio

Portofolio adalah hal penting yang harus dimiliki jika Anda ingin mulai terjun ke dunia kerja. Perusahaan atau calon klien akan menilai skill Anda melalui portofolio. Siapkanlah dan cicil satu persatu hasil kerja Anda dan susun menjadi sebuah portofolio yang bagus nan meyakinkan.

Menjadi seorang programmer memang tidak mudah. Dibutuhkan dedikasi tinggi untuk terus belajar dan mengejar kemajuan teknologi. Namun itu semua akan sepadan dengan gaji dan penghasilan yang didapat jika skill Anda sudah hebat.

Mudah-mudahan artikel mengenai skill dasar yang dibutuhkan programmer pemula ini bisa membantu Anda untuk mempersiapkan diri. Semoga sukses dan keinginan menjadi programmer handal dapat segera terwujud.

Artikel Terkait