R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Franchise Makanan Telaris di Indonesia dan Harga Kemitraannya

Franchise, bisa disebut dengan waralaba atau kemitraan, adalah salah satu cara termudah menjalankan bisnis autopilot. Ini disebabkan oleh merk dari perusahaan bersangkutan harusnya sudah terkenal dan memiliki banyak penggemar. Tidak perlu bersusah payah membangun merk dan menyusun formula bisnis karena semuanya telah disediakan perusahaan pemilik franchise.

Franchise Makanan Telaris di Indonesia
Gambar: pexels.com

Sebuah waralaba makanan harus memiliki skema bisnis yang jelas seperti SOP kerja, harga yang sama di semua gerai, tingkat kebersihan, kualitas pelayanan, bahan baku, konsep dari gerai, sampai hal terkecil seperti kemasan pun diperhatikan. Sistemnya terstruktur dan memiliki standar tersendiri.

Beberapa bisnis franchise makanan terlaris di Indonesia terbukti sukses menarik pelanggan baru di setiap gerai yang dibukanya. Kekuatan merk memang menjadi hal utama jika ingin membuka waralaba. Lantas apa saja franchise makanan paling laku di Indonesia? Berikut kami sajikan informasinya untuk menambah pengetahuan Anda.

1. Es Teler 77

Franchise Es Teler 77
Es Teler 77

Didirikan sejak 1981, perusahaan ini menjual es teler tradisional yang dipadukan dengan gaya modern. Gerainya sudah tersebar di banyak penjuru Indonesia dengan basis pelanggan yang kuat. Rasanya yang segar dan enak akan membuat pelanggan kembali berdatangan. Tidak hanya menjual es teler, perusahaan ini juga menjual beraneka snack dan makanan.

Harga franchise Es Teler 77: 80jt

2. Rocket Chicken

Franchise Rocket Chicken
Rocket Chicken

Produk utamanya adalah ayam goreng crispy yang gurih dan kriuk. Masyarakat Indonesia sangat senang makan ayam, jadi produk ini selalu laris manis. Ditambah dengan harganya yang murah, Rocket Chicken otomatis menjadi favorit saat makan pagi, siang, dan malam.

Produk lain yang dijual adalah burger, kentang goreng, minuman, dan cemilan lain yang berkaitan dengan fast food. Produknya terus berinovasi menyesuaikan selera masyarakat, salah satunya ayam geprek pedas.

Seperti namanya, gerai perusahaan ini meroket hingga memiliki 760 outlet franchise dengan 9.000 orang karyawan.

Harga franchise Rocket Chicken: 160jt sampai 250jt

3. Tahu Gila

Franchise Tahu Gila
Tahu Gila

Makanan ini cukup unik. Tahu akan dilumuri tepung dengan berbagai pilihan bumbu spesial. Hasilnya, tahu akan memiliki tekstur crispy dan kriuk saat digigit.

Baca Juga: Bisnis Franchise Makanan Harga 5 Jutaan

Harga franchise Tahu Gila bervariasi tergantung paket yang diambil. Tergolong cukup murah untuk ukuran merk seterkenal ini.

  1. Paket booth tenda: 8,8jt (diskon dari harga asli 15jt)
  2. Paket booth premium: 8,5jt (diskon dari harga asli 13jt)
  3. Paket silver: 7,8jt (diskon dari harga asli 12jt)
  4. Paket tanpa booth: 5.7jt (diskon dari harga asli 8jt)

4. Kebab Turki Baba Rafi

Franchise Kebab Turki Baba Rafi
Kebab Turki Baba Rafi

Merk ini melangang buana di dunia kuliner jenis makanan ringan sangat lama sehingga namanya begitu terkenal. Makanan khas Turki diolah dan dimodifikasi sesuai selera masyarakat lokal menjadikan rasanya unik dan bikin nagih.

Kebab Baba Rafi dibuka sejak 2003 dan bahkan sudah ada di luar negeri lho! Berbagai macam penghargaan bergengsi pun telah didapatkan berkat bisnisnya yang terus berkembang.

Baca Juga: Peluang Bisnis Franchise Makanan dan Minuman Modal 5 Juta

Total terdapat 1.300 cabang di seluruh Indonesia dan tersebar di 9 negara di dunia, khususnya di daerah Asia Tenggara.

Harga franchise Kebab Turki Baba Rafi berbeda-beda tergantung jenis outlet yang dipilih. Ada yang besar menggunakan container, sampai yang sederhana menggunakan booth.

  1. Container Cafe: 300jt (payback period 1,3 tahun)
  2. Container: 250jt (payback period 1,4 tahun)
  3. Premium: 200jt (payback period 1,9 tahun)
  4. Black Booth: 125jt (payback period 1,4 tahun)
  5. Black Kiosk: 75juta (payback period 1,4 tahun)

5. Restoran Sederhana Masakan Padang

Franchise RM Padang Sederhana
RM Padang Sederhana

Siapa sih yang tidak suka makan nasi padang? Rasanya yang lezat dan harganya yang murah menjadikan nasi padang primadona di Indonesia. Hampir di setiap kota dapat ditemui rumah makan padang, salah satunya yang bernama RM Padang Sederhana.

Baca Juga: Bisnis Makanan Menu Takjil yang Laris Saat Ramadan

Jika Anda sering bepergian ke luar kota dan menemukan tempat makan dengan nama tersebut, ternyata Restoran Sederhana masakan padang adalah franchise lho. Unik sekali ya restoran padang dijadikan kemitraan.

6. Ngikan Yuk

Franchise Ngikan Yuk
Ngikan Yuk

Bisnis franchise yang satu ini dimiliki oleh seorang selebgram wanita terkenal, Rachel Venya. Dengan basis penggemar yang besar, otomatis bisnis yang dibukanya berpeluang memiliki banyak pelanggan. Tak heran Ngikan Yuk laku keras dan telah membuka banyak cabang meski umurnya terbilang baru.

Baca Juga: Contoh Bisnis Modal 10 Juta yang Laris dan Berkembang

Produk utamanya adalah ikan yang diolah dengan berbagai macam cara dan bumbu berbeda. Variasi menu yang unik dan rasa yang enak membuat Ngikan Yuk tidak hanya disukai karena pemiliknya terkenal saja, melainkan karena kualitasnya.

Harga franchise Ngikan Yuk: 300jt

Itu dia beberapa contoh bisnis franchise makanan paling laris di Indonesia. Anda sering makan yang mana nih? Harga yang dibutuhkan untuk ikut membuka kemitraan memang tergolong mahal. Namun itu sesuai dengan kualitas, kekuatan merk, konsep, dan pola bisnis yang ditawarkan. Semoga suatu saat Anda dapat memiliki salah satu usaha franchise makanan terlaris yang disebutkan di atas.

Artikel Terkait