R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

11 Menu Jualan Takjil Untuk Buka Puasa yang Laris Saat Ramadhan

Di bulan Ramadhan, banyak sekali pedagang takjil yang menjajakan dagangannya menjelang berbuka puasa. Tak sedikit diantara mereka yang melakukannya sebagai bisnis sampingan karena melihat tren yang sedang naik.

Anda pun dapat mencoba berjualan menu takjil buka puasa sebagai usaha kecil-kecilan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa melakukannya satu bulan full memanfaatkan momen Ramadhan, atau bahkan meneruskannya jika usahanya terhitung sukses besar. Selain mendapatkan penghasilan, Anda juga dapat mengasah skill berbisnis di dunia kuliner.

Memilih menu jualan takjil untuk buka puasa tergolong gampang-gampang susah. Pilihlah menu yang sekiranya digemari banyak orang agar bisa cepat laku demi menghindari kerugian akibat makanan yang tidak terjual. Untuk membantu Anda, kami sajikan informasi mengenai menu takjil untuk jualan saat buka puasa bulan Ramadhan berikut ini.

1. Kolak Pisang

Resep Takjil Buka Puasa Untuk Jualan

Menu yang satu ini sepertinya sudah menjadi ciri khas dan wajib ada dalam daftar resep takjil buka puasa untuk jualan. Karena penggemarnya banyak, maka kolak pisang berpotensi untuk menjadi menu jualan yang laris saat Ramadhan.

Rasanya yang manis dapat melepas dahaga setelah seharian penuh berpuasa. Pisang pun tidak tergolong ke dalam makanan yang terlalu berat sehingga aman untuk perut yang telah kosong selama berjam-jam.

Selain pisang, kolak juga bisa dibuat dari bahan lain seperti ubi, biji salak, singkong, bahkan variasi durian pun sudah ada.

2. Sop Buah

Sop Buah

Siapa yang sanggup menahan godaan sop buah segar nan dingin untuk melepas dahaga? Terbuat dari campuran berbagai jenis buah yang ditambah susu membuat rasanya menjadi manis.

Menu takjil untuk jualan ini sangat sehat karena terbuat dari buah-buahan alami. Selain mengenyangkan juga menyehatkan ya.

3. Gorengan

Gorengan

Gorengan pun termasuk salah satu makanan favorit orang Indonesia. Gorengan terdiri dari berbagai jenis makanan yang diberi tepung dan digoreng. Contohnya seperti tempe mendoan, tahu isi bihun, bakwan (bala-bala), cireng, dan kroket.

Jangan lupakan cabai atau sambal kacang sebagai pelengkapnya. Gorengan cocok dipadukan dengan es buah untuk berbuka puasa.

Anda dapat berjualan di depan rumah menggunakan kompor yang digunakan di dapur. Pekerjaan ini cocok dilakukan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan waktu di rumah.

4. Bubur Sumsum

Bubur Sumsum

Bubur sumsum kerap diburu untuk berbuka puasa karena rasanya yang manis seperti kolak namun memiliki tekstur super lembut. Perut Anda yang tiba-tiba diisi makanan tidak akan kaget menerima bubur sumsum yang lembut.

Bubur sumsum disajikan bersama santan dan guyuran saus gula merah. Anda dapat menyediakan toping tambahan seperti candil, sagu mutiara, pisang, bahkan keju. Keunikan toping ini berpotensi membuat menu jualan takjil Anda lebih laris.

5. Lontong Isi

Lontong Isi

Makanan ini cukup mengenyangkan karena terbuat dari beras dan berisi berbagai macam isian. Contohnya kentang, daging cincang, bihun, wortel, oncom, dan lainnya.

Baca Juga: Ide Usaha Makanan Rumahan yang Laku Dijual Online

Lontong cocok dimakan bersama cabai mentah. Anda dapat menyantapnya beberapa buah saat berbuka puasa sebelum menyantap menu utama yang berat.

6. Puding Kurma

Puding Kurma

Rasanya tidak lengkap jika bulan Ramadhan tidak menyantap kurma. Namun agar tidak monoton, Anda bisa mengubah kurma menjadi menu takjil yang unik dan lezat.

Baca Juga: Bisnis Franchise Makanan Murah Dibawah 5 Juta

Anda dapat mengolah kurma menjadi puding. Cita rasanya yang unik dan manis membuatnya cocok disajikan saat dingin. Tambahkan juga siraman susu kental manis rasa vanila atau coklat sesuai keinginan pembeli.

7. Kolang-Kaling

Kolang-Kaling

Warnanya yang merah akan langsung membangkitkan selera pembeli. Menu tradisional ini sama wajibnya seperti kurma yang selalu hadir di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Contoh Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia

Kolang-kaling dapat disajikan baik dingin maupun hangat tergantung selera pembeli. Memiliki tekstur unik yang saat digigit terasa sedikit kenyal namun tidak alot.

8. Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda

Menu takjil untuk jualan satu ini sangat laris manis sebagai teman buka puasa. Rasa manisnya alaminya memberikan kesegaran seketika. Bisa disajikan tanpa tambahan apapun atau diberikan campuran gula merah.

Anda dapat mencoba menjajakannya di pinggir jalan kepada pemotor yang lewat. Biasanya mereka akan mencari menu buka puasa yang instan dan dapat dikonsumsi dengan cepat. Es kelapa muda menjadi pilihan utama karena tinggal diminum saja. Selain itu daging kelapa dapat mengganjal perut sementara.

9. Cilok Bumbu Kacang

Cilok Bumbu Kacang

Makanan olahan dari aci ini sangat populer di kalangan anak muda karena harganya sangat murah dan terjangkau. Teksturnya yang kenyal menjadi keunikan tersendiri.

Cilok dapat diolah menggunakan berbagai jenis bumbu. Satu yang paling populer adalah cilok bumbu kacang. Selain itu ada juga cilok pedas yang diberi kucuran bumbu cabai. Anda dapat menyediakan keduanya agar pembeli memiliki lebih banyak pilihan.

Cilok juga dapat diisi dengan berbagai toping seperti abon, daging cincang, keju, irisan bakso, atau telur.

10. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice telah populer sejak beberapa tahun silam. Makanan ini awalnya berasal dari Thailand dengan bahan utama durian. Namun saat ini telah muncul variasi lain yaitu menggunakan buah mangga.

Mangga dinilai lebih segar sehingga cocok dijadikan menu takjil saat buka puasa. Selain itu harganya lebih murah dibanding durian sehingga bisa dijangkau semua kalangan. Irisan buah mangga disajikan bersama ketan, susu, dan santan.

11. Es Cendol Dawet

Es Cendol Dawet

Jajanan tradisional ini mulai sulit didapatkan, padahal masih banyak orang yang menginginkannya. Anda bisa menjualnya di bulan Ramadhan demi memenuhi keinginan orang-orang.

Cendol dawet cukup mengenyangkan karena terbuat dari tepung beras. Sajikan dalam sebuah gelas besar bersama santan, gula manis, dan taburan es serut. Dijamin, pembeli akan balik lagi karena ketagihan akan kesegarannya.

Demikianlah informasi mengenai menu resep takjil buka puasa untuk jualan di bulan Ramadhan yang dijamin laku keras. Semoga dapat membantu Anda menemukan ide membuka usaha kuliner kecil-kecilan di waktu luang.

Artikel Terkait