R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Contoh Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Lagi Trend

Peran ibu rumah tangga dalam mengurus rumah dan keluarga sangat penting dan mulia. Namun selain mengurus rumah, ibu pun bisa lho membantu finansial keluarga dengan menambah penghasilan tambahan melalui usaha sampingan ibu rumah tangga yang dilakukan dari rumah.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga
Gambar: pexels.com

Saat memiliki waktu luang, Anda bisa mulai untuk mencoba usaha sampingan dari rumah untuk ibu rumah tangga. Yuk manfaatkan jam kosong yang tersedia untuk belajar membangun bisnis.

Tanggung jawab utama sebagai ibu rumah tangga memang berat dan menyita waktu. Tidak jarang waktu yang dihabiskan mulai dari pagi sampai sore. Hal ini membuat ibu rumah tangga sulit untuk bekerja seperti wanita karir.

Tapi ibu rumah tangga pun bisa kok mendapatkan pemasukan seperti halnya pekerja kantoran. Caranya adalah dengan menjalankan usaha sampingan untuk ibu rumah tangga, bisa dilakukan dari rumah lho!

Usaha sampingan ini bersifat fleksibel sehingga tidak akan menggangu pekerjaan utama Anda sebagai ibu rumah tangga. Anda bisa melakukannya saat punya waktu luang, misalnya saat suami pergi kerja, anak pergi sekolah atau bermain, saat semua pekerjaan rumah selesai, bahkan di malam hari sebelum tidur pun bisa.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil Untung Besar

Tentunya semua itu bisa dilakukan jika Anda sudah tahu usaha sampingan rumahan apa yang cocok untuk ibu rumah tangga. Jenis-jenis usaha ini tidak membutuhkan modal besar, namun potensi untungnya cukup besar.

Berikut Alfabetis berikan inspirasi ide usaha sampingan ibu ruman tangga untung besar modal kecil. Ini adalah contoh usaha yang sedang trend beberapa tahun kebelakang dan diprediksi masih banyak peminatnya sampai tahun-tahun berikutnya.

1. Tanaman Hias

Siapa yang tidak kenal tanaman hias Monstera? Nama ini mendadak meledak saat pandemi mewabah dunia pada tahun 2020 yang lalu. Namun sebenarnya Ide usaha sampingan ibu rumah tangga ini sudah ada sejak dulu lho. Hanya saja pandemi membuatnya semakin populer. Ini berarti usaha tanaman hias memang selalu hits punya pasar tersendiri.

Kewajiban untuk bekerja dari rumah (work from home) dan berdiam diri di rumah jika tida ada keperluan mendesak membuat orang-orang mengalihkan rasa bosannya pada hobi baru, salah satunya memelihara tanaman hias. Anda dapat memanfaatkan momen ini untuk ikut mengambil keuntungan.

Promosikan tanaman hias secara online seperti melalui media sosial dan marketplace sehingga Anda tidak perlu keluar rumah untuk melakukan marketing.

2. Laundry Kiloan

Ide usaha sampingan ibu rumah tangga ini cukup mudah dilakukan, apalagi jika Anda sudah punya mesin cuci di rumah. Artinya Anda sudah punya modal awal yang paling dibutuhkan.

Anda bisa menawarkan jasa laundry kiloan pada tetangga sekitar. Bisnis ini memang cukup subur di area perumahan. Akan menjadi keuntungan bila lokasi rumah Anda kebetulah berdekatan dengan kos-kosan atau pusat perkantoran.

Untuk lebih menarik minat, tawarkan jasa antar jemput pakaian dan sediakan media sosial sebagai alat promosi.

3. Penulis Lepas

Anda suka menulis? Maka usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini akan cocok. Dengan pesatnya perkembangan dunia digital, hampir semua brand membutuhkan jasa penulis untuk konten mereka di media sosial. Yap, sekarang hampir semua hal dipromosikan di sana.

Hal ini membuat peluang menjadi penulis konten semakin besar. Anda bisa mencoba mendaftarkan diri di situs freelance terpercaya seperti projects.co.id, Upwork, Fiverr, Sribulancer, dan lainnya.

Disana terdapat banyak lowongan yang berkaitan dengan menulis seperti copywriter, content creator, content writer, bahkan sampai editor lepas.

Bahkan Anda bisa menjadi seorang bloger untuk mencurahkan isi pikiran ke dalam blog.

4. Membuat YouTube Memasak

Keluarga senang memuji masakan Anda yang sangat enak? Jangan sia-siakan bakat tersebut begitu saja. Anda bisa mengubah skill menjadi uang jika menyalurkannya melalui media yang tepat.

Usaha sampingan ibu rumah tangga ini cukup digemari oleh emak-emak milenial. Anda hanya perlu merekam kegiatan memasak menggunakan smartphone lalu mengunggahnya ke channel YouTube. Penghasilan yang didapatkan adalah melalui iklan AdSense yang tayang di video atau ajakan kerjasama (endorse) yang datang dengan sendirinya seiring semakin populernya YouTube Anda.

5. Penitipan Hewan

Banyak orang memiliki hewan kesayangan. Perawatan dan kebutuhannya sangat diperhatikan, saking sayangnya sang pemilik pada peliharannya.

Sang pemilik pasti punya kesibukan dan suatu waktu harus pergi meninggalkan hewan kesayangannya untuk urusan dinas ke tempat jauh. Mereka tidak akan tega pergi begitu saja tanpa memberikan pengawasan.

Saat musim liburan seperti lebaran, natal, dan tahun baru pun banyak pemilik yang bepergian dan tentu tidak bisa membawa serta hewan peliharaan. Hal tersebut menjadikan bisnis ini memiliki potensinya sendiri terutama di kota-kota besar.

Bagaimana, cukup unik bukan usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini?

6. Frozen Food (Makanan Beku)

Kulkas hampir dimiliki oleh 100% rumah tangga, jadi manfaatkan hal ini dengan menjual frozen food. Makanan jenis ini tidak mudah basi sehingga aman untuk disimpan dalam waktu yang lama, menjadikannya sebagai contoh bisnis modal kecil untung besar.

Biasanya frozen food dengan bentuk unik seperti binatang atau hewan sangan digemari oleh anak-anak.

7. Tempat Les Belajar

Jika Anda memiliki kemampuan akademik yang unggul dalam bidang tertentu, Anda bisa mulai memberikan pelajaran les tambahakn pada anak-anak di sekitar rumah. Jika pesertanya adalah tetangga dekat, kumpulkan anak-anak di rumah Anda agar proses belajar bisa dilakukan bersama-sama.

Jika pesertanya berlokasi di luar komplek perumahan, Anda bisa mendatangi rumah mereka satu persatu seperti les private. Tentu harganya sedikit lebih mahal karena ditambah ongkos pulang pergi.

8. Warung Online

Ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini sudah tidak asing ya. Warung mudah sekali ditemukan di hampir semua tempat. Ini karena bisnis warung atau toko kelontong memang berpotensi mendatangkan untung besar.

Baca Juga: Ide Usaha Makanan Rumahan Online

Namun bedanya, Anda dapat memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk menjadikannya sebagai warung online. Barang-barang dapat disimpan di rumah dan dikirim saat ada pesanan.

Kelebihan dibanding warung konvensional yaitu tidak perlu tempat khusus untuk dijadikan warung. Anda bisa menyimpannya di tempat manapun di dalam rumah.

9. Jasa Rias

Jasa rias dibutuhkan di beberapa kegiatan penting seperti pernikahan, wisuda, pemotretan formal, dan sejenisnya. Profesi sebagai make-up artist atau jasa rias tidak membuang banyak waktu dan sangat fleksibel mengingat acara di atas tidak diadakan sepanjang hari.

10. Admin Media Sosial

Seiring banyaknya perusahaan yang memasarkan produk dan jasa melalui media sosial, lowongan pekerjaan sebagai admin media sosial pun kian terbuka lebar.

Pekerjaannya sendiri tidak sulit kok. Anda hanya perlu mengelola akun media sosial milik perusahaan seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, dan membalas chat yang datang ke WhatsApp.

Untuk urusan konten biasanya sudah ada divisinya sendiri, sehingga pekerjaan Anda cukup memposting bahan yang sudah disediakan sebelumnya. Cukup mudah, bukan?

Usaha Sampingan Lain

Selain 10 bisnis rumahan di atas, Anda pun bisa mencoba beberapa jenis usaha sampingan ibu rumah tangga modal kecil untuk besar berikut ini:

  1. Reseller
  2. Dropshipper
  3. Katering
  4. Menjual kue kering
  5. Jual hijab
  6. Jual mainan anak
  7. Jual skincare
  8. Jual hampers atau parcel
  9. Menjahit
  10. Agen pembayaran (BPJS, listrik, PDAM, pajak motor, pajak mobil, dll)
  11. Penerjemah lepas

Apakah Anda sudah menemukan mana yang cocok berdasarkan ide usaha sampingan ibu rumah tangga di atas? Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi dan membakar semangat Anda untuk segera memulai bisnis rumahan modal kecil untung besar.

Lebih baru Terlama

Artikel Terkait