R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

10 Daftar Pekerjaan yang Berhubungan Dengan Menulis

Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan karena Anda dapat menuangkan isi pikiran ke dalam tulisan. Melalui media yang tepat, Anda bisa menyalurkan opini dan bahkan menginspirasi orang lain. Menulis pun memiliki tantangan tersendiri karena Anda harus pandai memilih rangkaian kata yang cocok agar mudah dipahami oleh pembaca.

Jika memiliki hobi menulis, ada beberapa daftar pekerjaan yang cocok untuk Anda. Bakat Anda akan membuka peluang yang lebih besar untuk memiliki pekerjaan dan berkarir di bidang menulis.

Berikut adalah beberapa daftar karir yang berhubungan dengan dunia menulis. Sangat cocok untuk Anda yang hobi merangkai kata.

Pekerjaan di Bidang Menulis
Gambar: pexels.com

1. Content Writer

Content writer atau penulis konten adalah orang yang bertugas menulis untuk situs atau blog tertentu. Biasanya mereka dipekerjakan oleh brand besar untuk mengisi konten tulisan di situsnya. Seorang content writer dituntut untuk memiliki pengetahuan mengenai SEO (Search Engine Optimization) agar tulisan dapat tampil di halaman awal mesin pencari.

Selain bekerja di perusahaan, content writer dapat bekerja secara lepas (freelance) tergantung lowongan yang tersedia.

2. Copywriter

Pekerjaan menjadi seorang copywriter sangat berhubungan dengan dunia periklanan. Tugas utama copywriter adalah membuat copywriting dan menangani tulisan untuk komersial atau iklan. Selain bisa menulis, pekerjaan ini membutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi untuk menghasilkan kalimat persuasif yang kreatif.

Copywriter tidak spesifik bertugas membuat tulisan berupa artikel, berbeda dengan content writer yang memang membuat tulisan untuk konten situs. Tulisan hasil copywriter dapat dipublikasi menjadi artikel atau digunakan untuk kalimat sisipan pada iklan, tergantung kebutuhan.

Jika Anda pandai merayu dan mengajak orang melalui tulisan, pekerjaan ini akan terasa sangat cocok.

3. Bloger Profesional

Profesi ini sudah lumrah dan dapat dilakukan secara profesional maupun selingan. Jika sekedar selingan, biasanya hanya untuk tempat curhat atau menuangkan isi pikiran dan keluh kesah.

Baca Juga: Situs Mencari Pekerjaan Freelance

Namun jika ingin menjadi seorang bloger profesional dan menghasilkan uang, Anda harus mulai mengelola blog dengan serius. Buatlah tulisan yang berbobot dan memiliki niche spesifik agar target pembaca Anda jelas.

Penghasilan yang didapatkan diantaranya dari iklan AdSense, content placement alias guest post, pemasangan iklan banner, dan review produk / makanan / tempat tertentu.

Blog pun cocok dijadikan sebagai media untuk memperkuat personal branding yang membuat Anda akan dikenal oleh banyak orang. Bukan tidak mungkin Anda akan dijadikan brand ambassador sebuah perusahaan.

Contoh bloger profesional asal Indonesia yang sudah terbukti menghasilkan uang antara lain Iwan Banaran (otomotif) yang bahkan sudah merambah dunia YouTube, sugeng.id (tutorial blog), Igniel (tutorial blog), arlinadzgn.com (tutorial blog), Alitt Susanto (shitlicious.com), dan masih banyak lagi.

4. Jurnalis

Pekerjaan jurnalis adalah membuat berita berdasarkan peristiwa tertentu yang benar-benar terjadi. Anda diharuskan untuk jujur dan menulis sesuai fakta yang ada.

Selain menulis, keahlian lain yang harus dimiliki untuk menjadi seorang jurnalis adalah kemampuan melakukan wawancara dengan narasumber dan kelihaian memilih kejadian mana yang cocok untuk diangkat menjadi berita.

Berita akan dimuat dalam bentuk artikel, dibacakan di acara berita TV maupun radio, atau disirkan di podcast.

5. Editor

Tanggung jawab utama seorang editor adalah menyunting tulisan sebelum dipublikasi. Isi tulisan harus sesuai dengan standar dan ketentuan perusahaan. Editor pun dapat menyarankan perubahan dan perbaikan jika isi tulisan dirasa kurang sempurna.

6. UI / UX Writer

Pekerjaan ini masih asing dan baru terdengar beberapa tahun belakangan. Sebenarnya apa sih pekerjaan UI / UX Writer?

Tugas utamanya adalah untuk memastikan bahwa user experience atau pengalaman pengguna dalam memakai sebuah aplikasi atau situs telah baik dan sesuai.

Contoh, apakah Anda pernah memakai aplikasi atau membuka situs dan kemudian menutupnya dalam beberapa detik karena tidak paham cara menggunakannya? Disitulah tugas seorang UI / UX Writer, yaitu memastikan interaksi pengguna dengan aplikasi menjadi lancar.

Mereka bertugas menentukan teks yang cocok dan bahasa yang tepat untuk ditempatkan di berbagai menu, tombol, dan label agar pengguna dapat mengakses navigasi dengan mudah. Oleh sebab itu, empati dan kreativitas sangat diperlukan agar user experience menjadi memuaskan.

7. Marketing Communication Specialist

Profesi yang biasa disingkat Marcomm ini memiliki pekerjaan untuk membuat perencanaan pemasaran, mengatur strategi penjualan, pengembangan materi pemasaran, sampai produksi siaran (press release).

Anda harus memastikan bahwa semua konten marketing, baik itu tulisan, brosur, iklan, aktivitas online, dan lainnya yang akan dipublikasi sudah sesuai dan mengikuti ketentuan perusahaan. Anda harus menjaga citra perusahaan karena pekerjaannya yang berhubungan dengan cara berkomunikasi pada target pasar.

8. Social Media Specialist

Tingginya aktivitas di dunia maya membuat perusahaan merambah kegiatan marketingnya ke media sosial. Pekerjaan sebagai seorang social media specialist pun semakin banyak dibutuhkan.

Seperti namanya, pekerjaan ini berhubungan media sosial seperti Instagram, Tiktok, YouTube, Facebook, Twitter, dan lainnya. Tugas Anda adalah merancang dan membuat strategi pemasaran digital melalui media sosial. Fokusnya untuk membuat konten digital yang menarik dan mampu menyampaikan pesan perusahaan dengan gaya yang kreatif.

Tugas lainnya adalah untuk menjaga interaksi di media sosial agar tetap aktif. Kegiatannya seperti membalas komentar, melempar pertanyaan pada penunjung, dan mendorong pengunjung untuk menuliskan komentar atau review tentang produk perusahaan.

9. Penerjemah

Jika fasih berbahasa asing, Anda bisa bekerja secara paruh waktu atau full time sebagai seorang penerjemah. Bidang yang biasanya membutuhkan jasa penerjemah antara lain pendidikan, kesehatan, hukum, penerbit, sampai perusahaan asing yang membuka kantor di Indonesia.

10. Penulis Novel

Siapa yang tidak kenal Raditya Dika? Dia mengawali karir dari seorang penulis dan kemudian bertransformasi menjadi seorang komika stand-up, YouTuber, dan membuka bisnis lainnya. Anda bisa mengikuti jejaknya dengan menjadi seorang penulis novel.

Jika Anda memiliki imajinasi tidak terbatas, mampu membuat banyak dunia dan karakter di dalam kepala, tidak ada salahnya untuk menuangkan semuanya ke dalam sebuah novel. Namun ide saja tidak cukup. Anda harus mampu membuat sebuah plot yang unik, dialog menarik, dan karakter yang kuat.

Saat ini sudah banyak platform digital yang menjadi wadah bagi penulis novel pemula. Anda bisa menulis di sana dan menjadikannya portofolio awal untuk diperlihatkan pada penerbit.

Itulah dia 10 daftar pekerjaan yang cocok untuk yang hobi menulis. Profesinya tidak terbatas menjadi penulis buku saja ya ternyata. Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak pula jenis pekerjaan yang tepat untuk penulis.

Artikel Terkait