R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Ide Usaha Modal 1 Jutaan yang Menarik. Tua Muda Bisa Coba Lho

Banyak sekali ide usaha kekinian sejutaan yang menarik untuk dicoba. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar, yaitu sekitar Rp 1 jutaan saja. Anak muda, ibu rumah tangga, hingga karyawan kantoran dapat membuka usaha modal 1 juta berikut ini.

Ide Usaha Modal 1 Jutaan
Gambar: unsplash.com

Bisnis tidak melulu membutuhkan modal besar. Memangnya modal 1 juta bisa usaha apa sih? Terdapat banyak jenis usaha rumahan modal minim yang bisa dijalankan secara penuh maupun paruh waktu (sampingan / part time). Tidak usah berkecil hati. Selama Anda memiliki keinginan, ketekunan, dan tekad yang kuat, udaha modal 1 jutaan pun dapat memberikan untung yang besar.

Berikut adalah beberapa contoh usaha dengan modal 1 juta yang patut dicoba. Kelebihan dari usaha modal minim adalah memiliki resiko yang rendah sehingga Anda dapat mengerakan bisnis dengan lebih leluasa.

1. Usaha Thrifted / Preloved Barang Branded

Bisnis menjual pakaian bekas yang masih layak pakai atau biasa disebut thrifted / preloved cukup digandrungi di kalangan anak muda. Malahan, kegiatan thrifting sudah menjadi budaya tersendiri. Mereka tidak gengsi untuk membeli baju bekas bermerk, sebaliknya, justru memiliki kebanggaan tersendiri.

Anda bisa mendatangi gudang pakaian thrift import secara langsung untuk mendapatkan harga paling murah atau menjadi reseller dari toko lain. Modal usaha 1 juta cukup untuk membeli beberapa buah barang thrift. Cuci bersih barang terlebih dulu, setrika, dan berikan wewangian sebelum dijual. Selisih harga yang dipatok bisa mencapai Rp 50.000 - Rp 150.000 per barang tergantung merk dan kondisi.

Beberapa jenis produk thrift yang paling laku adalah kaos, jaket, hoodie, topi, sepatu, hingga tas. Pastikan untuk memilih barang-barang branded / bermerk karena memiliki daya jual lebih tinggi.

2. Bisnis Kaos Pre Order

Industri fashion memang tidak pernah mati dan selalu memiliki pasarnya tersendiri. Terlebih, fashion adalah kebutuhan primer bagi manusia, jadi pasti selalu ada pembelinya.

Bisnis kaos pre order hanya membutuhan modal minim 1 jutaan saja karena sistemnya adalah membuat pakaian sesuai jumlah yang dipesan. Anda hanya akan membuat kaos saat ada konsumen yang ingin membeli. Untuk semakin menekan biaya produksi, tetapkanlah jumlah minimum pemesanan, misalnya 1 lusin (12 buah).

3. Toko Online Dropship

Buka usaha dengan modal 1 juta melalui toko online dengan sistem dropship barang tidak membutuhkan banyak modal karena Anda hanya perlu menjual produk milik supplier. Bahkan bisa dibilang modalnya 0 rupiah!

Cukup promosikan sebuah produk lalu supplier yang akan mengirim barangnya menggunakan nama toko Anda. Selain tidak membutuhkan modal, toko Anda pun tetap mendapatkan exposure karena namanya masih dianggap sebagai penjual.

Baca Juga: Ide Usaha Sampingan Karyawan Kantoran

Meski terlihat mudah, jangan anggap sepele kegiatan dropship. Anda harus pintar-pintar memilih produk yang akan dijual. Pahamilah spesifikasi dan kualitasnya sebelum menjual kepada konsumen. Ini sangat mempengaruhi reputasi bisnis dan perkembangan toko online dalam jangka panjang.

4. Usaha Penulisan Artikel

Pekerjaan yang berhubungan dengan menulis ini adalah contoh usaha modal 1 juta yang bisa dilakukan secara fleksibel. Dengan hanya bermodalkan laptop dan kuota internet, Anda dapat membuat artikel kapan saja dan dimana saja.

Di zaman yang serba online seperti sekarang, penulis artikel merupakan salah satu profesi yang paling dicari. Ini didasarkan dari kebutuhan berbagai website dan blog akan konten menarik dan segar setiap harinya. Anda dapat menulis untuk beraneka website besar dan dibayar berdasarkan jumlah kata atau jumlah artikel per hari.

Baca Juga: Ide Usaha Modal Kecil Untung Banyak

Modal yang dibutuhkan hanyalah kuota internet. Jika menggunakan WiFi rumah, kisaran biayanya adalah Rp 250.000 - Rp 350.000. Jika tidak punya laptop, Anda masih bisa menulis menggunakan smartphone yang bahkan modalnya lebih murah lagi. Harga paket internet yang dikeluarkan operator rata-rata adalah Rp 75.000 - Rp 150.000.

5. Bisnis Tanaman Hias

Pandemi yang menghantam dunia di tahun 2020 membuat banyak orang memiliki hobi baru untuk menghilangkan penat saat harus bekerja dari rumah (work from home). Salah satu hobi yang sangat populer dan digandrungi berbagai kalangan adalah memelihara tanaman hias.

Baca Juga: Peluang Usaha Di Kampung yang Potensial

Tren itu masih berlanjut hingga sekarang. Banyak sekali orang kaya yang terlahir dadakan berkat hobi sampingan menjual tanaman hias. Anda bisa mencoba peluang usaha modal 1 juta ini dengan mulai belajar cara merawat tanaman terlebih dulu. Pelajari berbagai jenis spesiesnya, pupuk yang cocok, cara membasmi hama, hingga teknik pengemasan saat mengirim.

6. Buka Toko Ikan Cupang

Jika hobi tanaman identik dengan wanita, maka hobi memelihara ikan cupang lebih identik dengan kaum pria. Usaha ini dapat dijalankan dengan modal 1 jutaan jika Anda membeli bibit ikan dan merawatnya sejak kecil.

Berikan makanan dan vitamin yang berkualitas agar ikan hias cupang dapat tumbuh dengan sempurna. Semakin sehat ikannya, semakin mahal pula harganya. Pelajari tata cara merawat ikan agar mereka tidak stress dan agar memiliki corak yang indah.

Selain menjual secara langsung, salah satu teknik penjualan ikan cupang yang populer adalah dengan metode lelang. Tidak jarang pedagang mendapatkan untung berlipat ganda saat melakukan lelang ikan cupang ini. Jenis yang cocok untuk dilelang adalah ikan hias cupang yang bercorak cantik dan memiliki ekor panjang nan lebar.

7. Jasa Desain Grafis

Desain grafis adalah jenis usaha yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Hanya mereka yang memiliki skill khusus yang bisa melakukannya. Jika Anda termasuk orang yang memiliki keahlian tersebut, membuka jasa desain grafis adalah langkah yang cerdas.

Alur membangun usaha modal 1 juta melalui jasa desain grafis cukup sederhana. Pertama-tama, Anda perlu membeli beberapa software premium untuk mendukung pekerjaan, sebut saja seperti Adobe Photoshop dan CorelDraw. Bahkan tools gratis seperti Canva pun sudah tersedia, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan modal apapun.

Strategi yang dapat dilakukan adalah mendesain logo perusahaan, membuat banner atau spanduk, membuat desain kemasan, dan lain sebagainya. Pekerjaan sebagai desain grafis juga dapat dilakukan secara online melalui situs freelance terpercaya agar mendapatkan klien dari luar negeri dengan bayaran dolar.

8. Make up Artist (MUA)

Bagi Anda yang suka dandan, salurkanlah skill yang dimiliki agar menjadi sumber panghasilan tambahan. Anda dapat menawarkan jasa make up artist (MUA) pada mereka yang membutuhkan. Contohnya make up untuk acara wisuda, pesta, pernikahan, atau acara lainnya.

Mejadi MUA adalah salah satu contoh usaha dengan modal dibawah 1 juta. Anda perlu membeli beraneka jenis produk kosmetik sebagai modal awal. Mintalah seorang teman untuk menjadi model dan unggah hasil fotonya ke media sosial sebagai portofolio. Lakukan promosi dengan gencar untuk mendapatkan klien dari berbagai kalangan.

Modal 1 juta usaha apa? Itulah pertanyaan yang berhasil dijawab melalui artikel ini. Memiliki modal minim bukanlah penghambat untuk memulai bisnis. Manfaatkan juga teknologi untuk melakukan pemasaran yang lebih luas. Membuka usaha dengan modal 1 jutaan pun dapat memberikan untung berkali-kali lipat jika Anda melakukan teknik penjualan yang cerdas.

Artikel Terkait