R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Peluang Usaha dan Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Bisnis sampingan untuk karyawan menjadi hal yang sering dilakukan karena seseorang cenderung ingin mendapatkan penghasilan tambahan selain dari gaji bulanan. Alasannya cukup beragam. Entah karena kebutuhan yang belum tercukupi, atau sekadar ingin menambah tabungan. Oleh karena itu, banyak diantara pekerja yang tetap melakukan usaha sampingan bagi karyawan disela-sela kesibukan kantor.

Bisnis Sampingan Untuk Karyawan
Gambar: pexels.com

Ide Bisnis Usaha Sampingan Bagi Karyawan

Beberapa ide bisnis sampingan karyawan swasta dibawah ini bisa dijadikan referensi untuk Anda dan para pekerja kantoran yang ingin memiliki cuan tambahan.

1. Content Creator

Pekerjaan satu ini sedang naik daun dan sangat diminati, terutama oleh para generasi muda. Pada dasarya, pekerjaan seorang content creator adalah membuat konten yang diunggah ke berbagai media sosial seperti Youtube, Tiktok, Instagram, dan lainnya untuk dinikmati oleh para pengikutnya.

Membuat konten seperti ini sebenarnya gampang-gampang susah dan tidak bisa dianggap remeh. Meski terlihat sedehana, Anda harus serius dan konsisten sepanjag waktu. Apalagi jika ingin kontennya banyak diminati alias viral, perlu usaha dan waktu yang tidak sedikit. Meski begitu, jam kerja yang fleksibel membuat pekerjaan ini cocok dijadikan bisnis sampingan oleh para karyawan.

2. Reseller atau Dropshiper

Pasti sudah tidak asing dong dengan pekerjaan sampingan satu ini. Malahan banyak yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama. Berhubung tradisi belanja online sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, bisnis ini pun dinilai sangat menjanjikan.

Bisnis reseller dan dropshiper sangat cocok dijadikan sampingan oleh karyawan karena jam kerjanya tidak tetap alias bisa kapan saja. Apalagi didukung oleh sistem dan cara kerja dropshiper yang mana semua aktifitas pengiriman barang menjadi tanggung jawab supplier sehingga waktu untuk pekerjaan utama tidak terganggu.

3. Penulis Blog atau Website

Menjadi freelancer sebagai penulis lepas untuk blog dan website sangat lumrah dan banyak dijadikan pekerjaan sampingan oleh para karyawan. Pertimbangan waktu tentu menjadi alasan utama karena pekerjaan ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Baca Juga: Pekerjaan yang Berhubungan dengan Hobi Nulis

Bisnis sampingan ini cukup berpotensi menghasilkan keuntungan besar karena permintaan jasa penulis lepas untuk blog dan website selalu banyak. Tidak mungkin sepi selama kedua media tersebut masih digunakan orang untuk mencari informasi di mesin pencari atau internet.

4. Jasa Desain Grafis

Bisnis online sampingan karyawan ini memerlukan keahlian khusus di bidang desain. Pekerjaan sebagai desainer grafis sudah bisa dilakukan secara full online karena sekarang telah banyak tersedia lowongan di situs freelancer terpercaya. Jam kerjanya tidak akan mengganggu pekerjaan utama karena bisa dikerjakan di rumah, di waktu senggang atau di jam istirahat kantor.

5. Pengajar Les Private atau Kursus

Satu lagi pekerjaan sampingan karyawan yang memerlukan keahlian khusus adalah menjadi guru les private atau kursus. Keahlian apapun bisa saja dijadikan pekerjaan sampingan, misalnya keahlian menyanyi, bermain musik, berbahasa asing, ahli mengoperasikan komputer, dll. Atau jika Anda unggul dalam mata pelajaran tertentu, bisa juga dijadikan bahan kursus door-to-door.

Baca Juga: Kerja Freelance Pelajar dan Mahasiswa Untuk Nambah Uang

6. Menjual Makanan Ringan dan Frozen Food

Bisnis satu ini terkenal sebagai bisnis sampingan ibu rumah tangga. Ya, menjual makanan ringan, kue dan froozen food atau makanan beku tidak kalah menjanjikan. Anda bisa mulai menjualnya kepada orang-orang terdekat dengan menjajakannya di media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Untuk jangkauan lebih luas, Anda bisa menawarkannya di sekitar tempat tinggal dan delivery di waktu senggang setelah selesai ngantor.

7. Broker Properti atau Kendaraan

Salah satu bisnis sampingan yang tidak membutuhkan modal adalah menjadi broker atau bisa juga disebut sebagai perantara, pialang, atau pihak ketiga. Sistemnya hampir mirip dengan dropshipper dimana Anda hanya berlaku sebagai penyalur atau perantara antara penjual dan pembeli.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Anda yang ahli dalam bidang marketing sangat cocok menggeluti bisnis sampingan ini. Menjadi broker properti rumah, lahan atau tanah, dan kendaraan sangat diminati karena biasanya mendapatkan fee atau upah yang cukup besar.

8. Usaha Rental Barang

Anda memiliki barang yang banyak diperlukan orang? Bisa lho dijadikan lahan uang. Banyak orang yang lebih senang menyewa daripada membeli langsung karena berbagai alasan. Utamanya karena orang membutuhkannya hanya dalam satu waktu tertentu dan jarang dipakai kembali.

Contoh kecil adalah mainan anak-anak. Banyak orang tua yang lebih suka menyewa ketimbang mengoleksinya. Alasannya bisa karena lahan rumah yang tidak cukup untuk menyimpan banyak mainan, atau karena anak sering kali cepat bosan terhadap mainannya.

Atau bisa juga menyewakan peralatan outdoor kelengkapan kemah seperti tenda, sleeping bag, matras, dan lainnya. Kegiatan outdoor sedang digandrungi banyak kalangan, namun banyak diantara pegiatnya yang lebih suka menyewa karena peralatannya jarang digunakan berulang kali.

Bisnis rental barang sangat cocok untuk karyawan karena bisa dilakukan ditengah-tengah kesibukan bekerja. Namun bisnis ini memerlukan modal yang lumayan besar untuk menyetok barang-barang yang akan direntalkan.

Itulah beberapa contoh bisnis sampingan karyawan kantoran yang dapat kami sajikan. Semoga menambah referensi Anda dan semua para karyawan yang ingin memiliki penghasilan tambahan.

Artikel Terkait