R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa dan Pelajar (Part Time)

Pekerjaan sampingan atau part time (paruh waktu) merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Daftar berikut didominasi oleh kerja sampingan pelajar offline, namun ada beberapa juga yang online. Pekerjaan ini bisa dilakukan di sela-sela kesibukan sekolah atau kuliah.

Kerja Sampingan Mahasiswa
Gambar: pexels.com

Banyak cara untuk menambah uang saku yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dan pelajar yaitu dengan bekerja part time. Tidak seperti karyawan tetap, pekerja sampingan biasanya memiliki jam kerja yang lebih sedikit dan tidak terikat. Mahasiswa bisa memanfaatkan waktu libur untuk bekerja sehingga tidak mengganggu tugas dan tanggung jawabnya sebagai pelajar.

8 Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa

Tingginya kebutuhan hidup menjadi alasan para mahasiswa untuk melakukan pekerjaan sampingan, apalagi untuk mereka yang merantau jauh dari rumah. Selain untuk mencukupi kebutuhan, banyak juga diantaranya yang melakukan pekerjaan sampingan hanya untuk mengisi waktu luang agar lebih produktif. Beberapa bidang berikut cocok dijadikan pekerjaan sampingan bagi mahasiswa dan pelajar.

1. Barista

Pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa yang pertama adalah menjadi barista. Bisnis kafe atau coffee shop yang sedang menjamur saat ini membuka banyak peluang bagi mahasiswa untuk dapat menjadi peracik kopi handal. Apalagi target market coffee shop sendiri biasanya anak-anak muda sehingga menjadikan mahasiswa sebagai barista adalah salah satu strategi marketing.

Pekerjaan sampingan ini cocok untuk para mahasiswa karena fleksibelitasnya. Kebanyakan coffee shop baru membuka gerai dari sore hingga malam hari sehingga bisa dipastikan tidak mengganggu jadwal kuliah di pagi hari.

2. Pramusaji

Sama hal seperti barista, pramusaji atau waiter juga menjadi salah satu pekerjaan sampingan mahasiswa yang menjanjikan. Menjamurnya bisnis franchise makanan membuat kebutuhan akan pramusaji menjadi meningkat, terutama saat akhir pekan seperti Jumat, Sabtu, dan Minggu karena bertambahnya jumlah pengunjung. Restoran akan mengambil pekerja sampingan sebagai pramusaji agar bisa disewa disaat-saat tertentu saja ketika sedang ramai.

3. Driver Ojek Online

Menjadi driver ojek online sangat mungkin dilakukan oleh mahasiswa sebagai pekerjaan sampingan karena jadwal yang tidak terikat dan bisa dilakukan kapan saja diluar jadwal kuliah. Selain waktu yang fleksibel, pekerjaan ini juga cukup menjanjikan karena aplikasi ojek online sedang menjadi primadona yang digunakan oleh hampir semua orang.

4. Bisnis Online Barang dan Jasa

Berjualan online tidak akan mengganggu kegiatan belajar karena tidak terikat jam kerja. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja saat memiliki waktu luang. Jika tidak memiliki barang untuk dijual, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper yang menawarkan barang milik orang lain. Cara kerja dropship tidak mengharuskanmu memiliki modal karena hanya menjadi perantara antara pembeli dan pemasok.

Selain menjual barang, kamu bisa menjual jasa jika memiliki keahlian khusus. Misalnya jasa desain grafis, jasa ilustator, jasa edit foto, jasa menulis artikel, jasa pembuatan website, dan lain-lain. Pekerjaan menjual jasa secara online di jam lepas ini bisa juga disebut sebagai freelance. Sebelum bekerja freelance, pastikan untuk memilih website freelance terbaik agar mendapatkan pekerjaan dari sumber terpercaya dengan jaminan mendapatkan imbalan.

5. Guru Les

Jika memiliki kelebihan di bidang tertentu, kamu bisa memanfaatkan ilmu tersebut untuk dijadikan pekerjaan sampingan dan mendapatkan cuan. Cobalah mendaftar ke tempat bimbingan belajar terdekat untuk menjadi guru les. Selain itu, kamu juga bisa membuka kursus atau les mandiri dengan sistem door to door.

Baca Juga: Jurusan Kuliah yang Diminati Dunia Kerja

Kamu juga bisa membuka kursus di bidang lainnya yang tidak selalu tentang akademis. Contohnya keahlian lain seperti berbahasa asing, bernyanyi, menari, bermain musik, berenang, bermain skateboard, keahlian di bidang IT dan lain-lain.

6. Fotografer dan Videografer

Banyak yang membutuhkan jasa fotografer dan videografer untuk berbagai acara resmi seperti pernikahan, pra-wedding, bisnis, dan event tertentu. Kamu bisa menawarkan jasa di bidang fotografi dan videografi jika memiliki skill yang dibutuhkan. Hanya bermodalkan kamera, usaha sampingan mahasiswa modal kecil ini mampu memberikan penghasilan tambahan. Bahkan jika belum memiliki kamera sendiri, kamu bisa menyewanya di rental kamera.

Acara resmi biasanya dilakukan saat akhir pekan dimana jadwal kuliah sedang kosong. Jadi pekerjaan ini tidak akan menggangu jam belajar.

7. Penyiar Radio

Salah satu pekerjaan di bidang broadcasting ini masih relevan di zaman modern. Meski kini industri digital perlahan menggerus eksistensi media konvesional, mereka tetap bisa bertahan dengan berbagai inovasi. Siaran radio masih memiliki penggemar setia dengan basis komunitas yang kuat.

Menjadi penyiar radio sangat cocok untuk kerja sampingan pelajar karena jadwalnya yang fleksibel dan jam kerja yang sedikit sehingga bisa dilakukan selepas kegiatan kampus.

8. Content Creator

Profesi ini sangat menarik dan sedang menjadi incaran banyak pihak, baik individu, perusahaan, bahkan public figure sekalipun. Kamu bisa mencari peruntungan sebagai content creator dan menjadikannya pekerjaan sampingan pelajar. Sebagai generasi muda yang sangat lekat dengan teknologi dan media sosial, seharusnya lebih mudah untuk menekuni kegiatan ini.

Konten yang dihasilkan berbeda-beda dengan wadah publikasi yang beragam pula. Namun yang paling populer saat ini adalah konten berbentuk video yang dipublikasikan melalui YouTube.

Content creator dituntut untuk kreatif dan konsisten dalam membuat konten agar disukai oleh penonton. Semakin banyak penonton yang melihat kontenmu, maka semakin besar kesempatan untuk mendapatkan uang.

Adakah pekerjaan sampingan mahasiswa yang sesuai keahlianmu dan menarik untuk dicoba? Meski masih menjadi mahasiswa, kamu tetap bisa mendapatkan uang saku tambahan dengan bekerja freelance. Selain mendapatkan uang, melakukan usaha sampingan dapat menambah pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja sebenarnya.

Artikel Terkait