R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Prospek Kerja Lulusan S1 Manajemen - Peluang Karir yang Cocok

Kamu adalah seorang mahasiswa S1 manajemen yang akan segera lulus? Atau justru baru akan masuk kuliah dan bertanya-tanya bagaimana jenjang karir dari jurusan manajemen? Sebelum membahas lebih jauh mengenai peluang kerja luluan S1 manajemen, akan lebih baik jika kita berkenalan terlebih dulu dengan jurusan manajemen itu sendiri.

Pekerjaan dan Karir Untuk S1 Manajemen
Gambar: pexels.com

Jurusan Manajemen Itu Seperti Apa Sih?

Apa itu jurusan manajemen? Manajemen merupakan disiplin ilmu yang secara garis besar mempelajari tentang bisnis. Lebih spesifiknya mengenai perencanaan dan pembangunan strategi bisnis, pemasaran, perekrutan sumber daya manusia, hingga manajemen keuangan.

Setiap universitas memiliki kurikulum yang berbeda satu sama lain. Namun secara garis besar, ilmu manajemen tidak akan jauh dari ekonomi, bisnis, dan perusahaan.

Ilmu manajemen membahas tentang cara bekerja dalam sebuah organisasi atau perusahaan dan bagaimana pertanggung jawabannya secara bisnis. Ilmu ini sangat cocok bagi yang suka berorganisasi, bekerja dalam kelompok, atau berminat pada bisnis secara umum.

Pekerjaan dan Jenjang Karir S1 Manajemen

Lulusan S1 manajemen kerja apa? Alumninya cocok untuk menjadi entrepreneur, pengusaha, atau pebisnis karena ilmu yang dipelajari erat kaitannya dengan ekonomi dan bisnis.

Namun jika kamu tidak memiliki jiwa entrepreneur yang kuat dan lebih memilih untuk bekerja di sebuah perusahaan, prospek kerja lulusan S1 manajemen memiliki banyak pilihan. Berikut kami sampaikan ulasan pekerjaan yang cocok untuk lulusan S1 manajemen.

1. BUMN

Siapa sih yang tidak ingin bekerja di perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara)? Iming-iming gaji besar dan jenjang karir yang cerah di masa depan menjadikannya sebagai target utama dari para pencari kerja lulusan S1 manajemen.

Selain gaji tinggi dan karir yang oke, BUMN memiliki berbagai jenis tunjangan, beasiswa untuk melanjutkan pendidikan bagi karyawan berprestasi, asuransi kesehatan, dan masih banyak benefit lain.

Ada banyak perusahaan BUMN dengan bidang yang berbeda seperti perbankan, farmasi, pertambangan, listrik, konstruksi, telekomunikasi, transportasi, dan lain-lain.

2. Human Resource (HR)

Sebagian dari kamu mengenalnya dengan istilah HRD. Semua perusahaan, baik yang berskala kecil maupun besar, sudah pasti memiliki HR sehingga peluang kerjanya terbuka lebar.

Kenapa HR dibutuhkan semua perusahaan? Ini karena tugas HR adalah untuk merekrut dan memilih calon karyawan, mengelola karyawan, dan hal lain yang berhubungan dengan sumber daya manusia.

HR harus memastikan bahwa karyawan bekerja sesuai standar perusahaan seperti arahan dari pimpinan eksekutif. HR manajer dipercaya dalam hal pengelolaan SDM, komunikasi, hubungan karyawan, hingga gaji karyawan.

3. PNS

PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau ASN (Aparatur Sipil Negara) adalah pegawai yang bekerja langsung di bawan naungan negara. Hampir setiap tahun dibuka lowongan CPNS untuk berbagai posisi dan di masing-masing kota dan kabupaten.

Salah satu keuntungan menjadi PNS adalah mendapatkan gaji setelah pensiun sehingga masa tua lebih terjamin. Peluang kerja lulusan S1 manajemen yang satu ini juga menjadi profesi idaman banyak orang tua lho. Banyak yang ingin menjodohkan anaknya dengan seorang PNS karena memiliki penghasilan tetap sampai tua berupa uang pensiun.

4. Bekerja Di Startup

Startup adalah perusahaan yang baru merintis dan masih berkembang. Perusahaan startup merupakan salah satu tempat yang paling cocok untuk lulusan manajemen karena semua ilmu yang dipelajari selama kuliah akan diaplikasikan secara langsung di sini. Dimulai dari perencanaan bisnis, ide awal produk, negosiasi dengan investor, bekerja dalam tim, memimpin tim, memilih rekrutan baru yang sesuai dengan kebutuhan, hinggan mempelajari kebiasaan konsumen yang berpengaruh dalam perkembangan bisnis dan keberlangsungan perusahaan.

Ilmu manajemen kamu akan sangat terpakai dengan baik jika diterima kerja di startup. Suasana kerjanya yang terbuka dan tidak memiliki sekat akan mendorong kemampuan komunikasimu lebih baik lagi.

5. Konsultan Bisnis

Tugas seorang konsultan bisnis adalah memberikan saran dan masukan dalam proses bisnis agar perusahaan bisa berkembang dengan baik dan sehat. Banyak perusahaan membutuhkan jasa konsultan terutama saat mereka menemui masalah dan ingin mendapatkan solusi.

Beberapa sektor yang umumnya membutuhkan konsultan bisnis adalah bidang teknologi, sumber daya manusia, keuangan, hingga marketing.

Secara garis besar, tugas seorang konsultan bisnis adalah melakukan audit agar masalah dapat diketahui. Kemudian memberikan masukan dan merekomendasikan sebuah tindakan sebagai upaya memperbaiki masalah.

Konsultan bisnis bisa bekerja secara lepas (independen) mendirikan PT sendiri dan bekerja sama dengan berbagai perusahaan besar maupun kecil.

6. Project Manager

Sesuai namanya, tugas utamanya adalah menjadi manajer dari sebuah proyek yang sedang berjalan. Seorang project manager harus memastikan bahwa perkerjaan selesai tepat waktu sesuai budget dan memiliki kualitas yang sudah ditentukan perusahaan.

Profesi ini pun harus benar-benar paham terhadap proyek yang sedang berjalan karena harus mengawasi tiap prosesnya dan resiko dari tiap keputusan yang diambil. Ini menjadikan project manager sebagai sebuah profesi yang cukup rumit namun sepadan dengan gajinya yang tinggi.

7. Analis

Tugas seorang analis keuangan (financial analyst) adalah membuat pemodelan keuangan, membuat laporan keuangan, melakukan analisis keuangan perusahaan, dan bekerjasama dengan akuntan dalam membuat laporan yang akurat.

Sementara tugas dari analis data (data analyst) adalah melakukan analisa terhadap tren pasar yang sedang ramai dan mampu menyajikan datanya dalam grafik yang mudah dimengerti kepada klien.

8. Perusahaan Multinasional

Selain bekerja di perusahaan BUMN, salah satu target utama dalam mencari kerja jurusan S1 manajemen adalah perusahaan level multinasional. Perusahaan jenis ini memiliki ciri utama berupa pabrik atau kantor yang tersebar di berbagai negara dan membuka kantor cabang di Indonesia. Kantor dan pabriknya pun terbilang sangat besar dan tidak bisa disamakan levelnya dengan kantor biasa.

Contoh perusahaan multinasional di Indonesia adalah Unilever, Google, Honda, Toyota, ASUS, Indofood, Nike, Adidas, dan masih banyak lagi.

Gaji di perusahaan multinasional terbilang sangat tinggi, itu pun belum ditambah tunjangan. Jika dikalkulasi, sudah pasti pemasukan bulanan akan lebih banyak lagi, bukan?

Bagaimana, semua profesi dan peluang karir untuk lulusan S1 manajemen di atas terdengar keren, bukan? Tidak hanya bonafit, namun gajinya pun besar dan akan semakin bertambah seiring dengan naiknya jabatan dan pengalaman yang dimiliki.

Bagi kamu baru akan memilih jurusan, tidak ada salahnya mempelajari ilmu ini karena prospek kerja lulusan S1 manajemen ternyata sangat lebar dengan pilihan profesi yang beragam. Semangat! Semoga proses belajarmu menjadi berkah, bermanfaat, dan menghasilkan.

Artikel Terkait