R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvert, Kerja Mandiri Gaji Tinggi

Kerja yang Cocok Untuk Orang Introvert

Jenis pekerjaan yang cocok untuk orang introvert cenderung berhubungan dengan job desc yang tidak begitu membutuhkan banyak interaksi dengan orang lain. Pasalnya, introvert lebih senang untuk mengerjakan segala sesuatunya secara mandiri.

Orang introvert sering dicap sebagai pemalu dan kurang suka bergaul. Bukan karena sombong, melainkan sifat alamiah introvert memang demikian. Introvert lebih senang menghabiskan waktunya sendiri dengan meng-explore segala ide yang ada di kepalanya sambil memecahkan masalah dengan caranya masing-masing.

Berdasarkan sifat bawaan tersebut, maka bidang pekerjaan yang cocok untuk orang bertipe introvert adalah profesi yang tidak begitu perlu melakukan interaksi sehingga membuat pribadinya merasa nyaman dan aman saat bekerja.

Berikut adalah jenis pekerjaan dan berbagai bidang profesi yang cocok dilakukan oleh orang dengan sifat introvert.

1. Penerjemah

Profesi penerjemah adalah tipe pekerjaan pertama yang sesuai untuk orang bersifat introvert. Pasalnya, seorang penerjemah hanya perlu bekerja dengan melakukan translasi bahasa tanpa perlu berinteraksi banyak dengan orang lain. Pekerjaannya bisa dilakukan di rumah sehingga jauh dari keramaian.

Introvert cenderung berfikir puitis sehingga dapat menambah makna tulisan yang diterjemahkan. Jam kerjanya yang fleksibel menjadi salah satu nilai plus dari profesi ini.

2. Koki

Koki hanya akan bekerja di dapur dengan beberapa staff lain dan tidak perlu berinteraksi langsung dengan tamu.

Menyajikan masakan enak tidaklah mudah. Diperlukan banyak percobaan sampai ditemukan racikan yang pas. Profesi koki atau ahli memasak dapat dilakukan oleh orang bersifat introvert yang memiliki ketekunan dan kesabaran.

Selain soal rasa, koki juga diharuskan memiliki kreatifitas tinggi dalam menghias makanan pada tamu. Seorang introvert dengan imajinasi tinggi dapat melakukan pekerjaan ini dengan baik.

3. Penulis

Sudah tidak aneh jika seorang intreovert cenderung sukses saat menjadi penulis. Kegemarannya dalam membaca berbagai jenis buku membuat imajinasinya menjadi luas dan tak terbatas. Saat idenya dituangkan melaui tulisan, sudah pasti isinya akan indah dan menggugah.

Profesi yang berhubungan dengan menulis sangat banyak jenisnya. Ada yang menjadi penulis novel, wartawan, sampai penulis konten untuk situs atau blog. Penulis menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengetik sendirian di depan laptop.

4. Programmer

Menjadi seorang software engineer, developer, atau lebih umum dikenal sebagai programmer adalah profesi yang paling disukai oleh introvert. Bidang pekerjaan satu ini digemari karena programmer menghabiskan seluruh jam kerjanya di depan komputer tanpa perlu melakukan interaksi secara langsung dengan orang lain.

Introvert yang ulet dan cekatan pun akan cocok dalam memperbaiki berbagai jenis bug dalam program dan melakukan problem solving. Untuk terjun ke bidang ini, pastikan untuk menguasai skill dasar programmer terlebih dulu agar lebih mudah bersaing di dunia kerja.

5. Akuntan

Jika programmer berkutat dengan kode, maka akuntan akan sibuk berjibaku dengan angka. Sebagian besar waktunya akan habis untuk menghitung. Jenis kepribadian introvert dapat menjadi akuntan handal karena dapat diandalkan dalam hal pengolahan angka.

Baca Juga: Tips Diterima Kerja di Perusahan Startup

6. Desainer Grafis

Menjadi seorang graphic designer atau desainer grafis tidak harus datang ke kantor karena dapat dilakukan di rumah secara freelance. Cukup pilih situs freelance terpercaya untuk memulai karir sebagai seorang pekerja lepas di bidang desain grafis.

Sebagian besar waktu akan dihabiskan di depan komputer dan hanya sesekali saja berdiskusi dengan klien untuk membahas hasil kerja.

7. Seniman

Dengan menjadi seniman, seorang introvert dapat mengekspresikan jiwa artistiknya ke dalam sebuah karya. Seni yang dihasilkan dapat berupa lukisan, kerajinan tangan, barang pecah belah dari tanah liat, ukiran, sampai hasil menjahit.

8. Fotografer

Tidak jauh berbeda dengan seniman, profesi fotografer pun bertujuan untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai seni tinggi. Bedanya, karya yang dihasilkan oleh fotografer adalah sebuah potret atau foto dari berbagai macam kejadian dan fenomena yang terjadi di sekitar.

Fotografer dapat berburu berbagai macam kejadian atau objek untuk difoto secara mandiri tanpa orang lain. Introvert dapat mencurahkan isi hati dan pikirannya melalui fotografi.

9. Arsitek

Profesi arsitek memiliki unsur seni karena berhubungan dengan desain bangunan.Dibutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam mengukur berbagai komponen agar bangunan tidak hanya indah, namun juga aman dan nyaman untuk dihuni.

Orang bersifat introvert memiliki pemikiran dan pengamatan yang mendalam sehingga detail-detail terkecil dalam bangunan tidak akan terlewatkan.

10. Mekanik

Seorang mekanik harus memiliki ketelitian dalam memperbaiki mesin agar tidak terjadi kerusakan yang lebih luas pada kendaraan atau peralatan. Selain perbaikan, mekanik juga harus mampu melakukan pemeliharaan, peremajaan, dan testing berbagai jenis komponen mesin.

Kesimpulan

Bidang pekerjaan yang sesuai untuk orang bertipe introvert lebih menekankan pada ketelitian, keuletan, dan kecermatan yang tinggi. Interaksi dengan orang lain tidak bergitu diperlukan karena pekerjannya berhubungan langsung dengan alat atau sistem yang tersedia.

Menjadi seorang introvert yang kurang suka bergaul tidak lantas menjadi penghalang dalam berkarir. Jika memilih profesi dan bidang pekerjaan yang cocok, maka Anda akan tetap mendapatkan penghasilan tinggi dengan suasana kerja yang tetap nyaman.

Apakah daftar pekerjaan yang cocok untuk orang yang bersifat introvert di atas sesuai bagi Anda? Jangan jadikan sifat pemalu Anda menjadi halangan dalam menata masa depan.

Artikel Terkait