R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Peluang Kerja Lulus SMA Jurusan IPS Tanpa Kuliah Bergaji Lumayan

Apakah ada pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA jurusan IPS dengan gaji besar tanpa harus kuliah terlebih dulu? Jangan khawatir teman. Peluang kerja itu banyak terbuka selama kita mau berusaha untuk mencarinya. Ini dia peluang karir untuk lulusan SMA dari kelas IPS dengan gaji lumayan.

Prospek Kerja Karir Lulusan SMA Jurusan IPS
Gambar: pixabay.com

Di SMA terdapat dua jurusan yang dapat dipilih oleh siswa / siswi, yaitu IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). IPS lebih berfokus pada pelajaran tentang aspek sosial, hubungan antar manusia, hingga ekonomi.

Oleh karenanya, prospek kerja lulusan SMA jurusan IPS lebih banyak di bidang yang berhubungan dengan pelanggan secara langsung. Bidang ini memiliki peluang besar mengingat dunia bisnis yang banyak sekali membutuhkan orang-orang hebat untuk berurusan dengan konsumen.

Berikut kami sajikan informasi mengenai peluang kerja dan prospek karir untuk lulusan SMA jurusan IPS dengan gaji tinggi tanpa kuliah.

1. Sales dan Marketing

Pekerjaan bagi siswa SMA jurusan IPS ini banyak dilakukan oleh profesional di luar sana dengan bayaran yang fantastis. Kamu akan digaji berdasarkan performa dan penjualan produk. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai ilmu pemasaran tentang bagaimana menawarkan produk kepada masyarakat luas.

Semakin mahal produk yang dijual, semakin besar pula komisi yang didapat. Umumnya bagian sales marketing yang bergaji tinggi adalah sales mobil, sales rumah, dan sales properti.

Pekerjaan Sales dan Marketing
Tugas Memasarkan produk dan melakukan penjualan kepada konsumen
Tingkat Persaingan Kerja Tinggi
Kisaran Gaji Rp 2 - 10 juta / bulan (tergantung jumlah penjualan dan jenis produk)

2. Pramugari

Ternyata untuk menjadi seorang pramugari atau pramugara tidak membutuhkan pendidikan yang tinggi lho. Bagi kamu yang lulusan SMA jurusan IPS sudah tentu bisa untuk melamar pekerjaan ini. Selain gajinya besar, kamu pun bisa berkeliling dunia dengan gratis.

Biasanya peserta akan diminta untuk melakukan pelatihan non-formal di sebuah institusi khusus untuk memperdalam ilmu pelayanan. Siapapun dapat mencobanya termasuk lulusan SMA. Jurusan IPS menjadi favorit karena memiliki kelebihan dalam hal komunikasi dan interaksi yang baik.

Pekerjaan Pramugari / Pramugara
Tugas Melayani penumpang di pesawat
Tingkat Persaingan Kerja Tinggi
Kisaran Gaji Rp 7 - 15 juta / bulan

3. Petugas KAI

Bekerja di perusahaan Kereta Api Indonesia (KAI) menjadi prospek karir yang tengah diincar oleh kalangan muda karena syarat pendidikannya yang tidak membutuhkan ijazah S1.

Ada banyak sekali pekerjaan yang dibutuhkan saat pembukaan rekrutmen KAI, mulai dari masinis, kondektur, administrasi, staff pelayanan, dan masih banyak lagi.

KAI sendiri merupakan perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) sehingga gaji yang diberikan terhitung besar untuk lulusan SMA jurusan IPS.

Pekerjaan Petugas KAI
Tugas Berbeda-beda sesuai dengan jabatan yang dilamar
Tingkat Persaingan Kerja Tinggi
Kisaran Gaji Rp 3 - 13 juta / bulan (tergantung jabatan)

4. Freelancer

Menjadi pekerja lepas atau freelancer adalah hal yang tengah diidam-idamkan oleh generasi muda saat ini. Pasalnya, kamu tidak perlu capek-capek pergi kerja kantor. Cukup lakukan pekerjaan dari rumah (atau dari manapun) secara remote dan penghasilan akan mengalir dengan sendirinya.

Kamu perlu menguasai keahlian khusus untuk menjadi seorang freelancer. Bukalah jasa sesuai dengan bidang yang dikuasai, misalnya pekerjaan menulis bagi yang hobi merangkai kata atau menjadi programmer bagi yang paham dunia coding.

Kamu bisa membuka jasa melalui media sosial, menawarkan secara langsung pada teman, atau menggunakan situs pekerjaan freelance agar cepat mendapatkan tawaran.

Pekerjaan Freelancer
Tugas Membuat produk sesuai permintaan pelanggan
Tingkat Persaingan Kerja Sedang
Kisaran Gaji Rp 1 - 30 juta / bulan (tergantung skill dan jumlah pesanan)

5. Pedagang Online

Memiliki online shop alias toko online bukanlah hal yang aneh di zaman serba digital seperti sekarang ini. Sudah banyak orang membuktikan kesuksesannya berkat memiliki toko online yang tersebar di berbagai marketplace dan media sosial.

Kamu bisa mencoba dengan menjadi dropshipper terlebih dulu agar tidak perlu mengeluarkan modal. Setelah uangmu terkumpul, barulah coba buat produk sendiri untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Pekerjaan Pedagang Online
Tugas Menjual barang secara online
Tingkat Persaingan Kerja Rendah
Kisaran Gaji Rp 1 juta s/d tidak terbatas

6. Barista

Pekerjaan utama seorang barista adalah meracik kopi dan menyajikannya kepada pelanggan. Berkembangnya bisnis kopi di Indonesia menjadikan peluang karir bagi lulusan SMA jurusan IPS yang satu ini semakin terbuka lebar. Apalagi target dari kedai kopi adalah anak muda. Maka dibutuhkan barista yang muda pula untuk mengimbangi target pasarnya.

Besaran gaji yang didapat berbeda-beda tergantung kota dimana kamu tinggal dan seberapa besar kedai kopinya. Tentunya gaji antara pekerja full time dan pekerjaan part time pun akan berbeda.

Pekerjaan Barista
Tugas Meracik kopi
Tingkat Persaingan Kerja Sedang
Kisaran Gaji Rp 2 - 5 juta / bulan

7. Polisi

Menjadi seorang polisi dapat dilakukan oleh siapapun karena kesempatannya terbuka untuk semua kalangan, termasuk bagi lulusan SMA jurusan IPS. Ilmu sosial yang dipelajari saat SMA akan sangat berguna karena polisi bertugas untuk mengayomi masyarakat dan terjun langsung ke lapangan.

Ada beberapa syarat non-formal yang harus kamu perhatikan sebelum melamar menjadi polisi, antara lain:

  1. Tidak pernah dipidana karena terlibat kejahatan
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  4. Berusia minimal 18 tahun pada saat nantinya dilantik menjadi anggota Polri
Pekerjaan Polisi
Tugas Menindak kejahatan dan melindungi masyarakat
Tingkat Persaingan Kerja Tinggi
Kisaran Gaji
  • Tamtama: Rp 1.643.500 - Rp 2.960.700
  • Bintara: Rp 2.103.700 - Rp 4.032.600
  • Perwira Pertama: Rp 2.735.300 - Rp 4.780.600
  • Perwira Menengah: Rp 3.000.100 - Rp 5.243.400
  • Perwira Tinggi: 3.290.500 - Rp 5.930.800

Itu dia beberapa daftar pekerjaan bonafit bagi lulusan SMA jurusan IPS dengan gaji tinggi. Apapun pekerjaanmu, lakukanlah dengan sepenuh hati dan terus tekuni hingga kesuksesan menghampiri.

Artikel Terkait