R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Peraturan dan Syarat Tinggal Di Apartemen yang Harus Diketahui

Memiliki hunian vertikal seperti apartemen menjadi hal yang lumrah di kota-kota besar dan metropolitan. Lokasinya yang strategis dan cenderung berada di pusat kota menjadikan apartemen sangat cocok bagi masyarakat dengan mobilitas tinggi yang berkegiatan di berbagai macam tempat. Namun sebelum memutuskan pindah, ada beberapa syarat dan aturan untuk tinggal di apartemen yang wajib Anda pahami.

Persyaratan Tinggal di Apartemen
Gambar: pixabay.com

Tinggal di apartemen memang memberikan banyak kenyamanan dan privasi bagi penghuninya. Tapi jangan salah diartikan bahwa hidup di apartemen sangat bebas tanpa aturan. Sebaliknya, karena apartemen didirikan di lahan yang dihuni bersama, ada beberapa peraturan tinggal di apartemen yang harus diketahui agar tidak sembarangan dalam bertindak.

Tata Tertib Tinggal di Apartemen

Bagi yang terbiasa menghuni rumah tapak, peraturan dan persyaratan tinggal di apartemen mungkin akan sedikit mengagetkan dan terasa aneh. Memang apa saja sih hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat tinggal di sebuah unit apartemen? Mari kita simak bersama.

1. Dilarang Menyimpan Barang Berbahaya

Peraturan tinggal di apartemen yang pertama terdengan familiar karena sejatinya menyimpan barang berbahaya tidak boleh dilakukan di semua jenis hunian. Barang berbahaya yang dimaksud seperti obat-obatan terlarang, bahan peledak, zat beracun, senjata api, dan sejenisnya.

2. Menaati Sistem Parkir

Setiap apartemen memiliki kebijakan berbeda mengenai parkir kendaraan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tentang peraturan parkir yang ditetapkan oleh pengelola. Umumnya pengelola memberikan pembatasan jumlah unit kendaraan, bahkan ada yang menentukan posisi parkir permanen untuk tiap penghuni.

Fasilitas yang dipakai bersama seperti lahan parkir memang memiliki aturan yang ketat demi memberikan kenyamanan yang merata bagi seluruh penghuni.

3. Mengganggu Kenyamanan Tetangga

Di bawah lantai, di atas atap, dan di setiap sisi kiri kanan dinding unit apartemen adalah tetangga Anda. Membuat kegaduhan akan mengganggu tetangga sekitar karena dinding bangunan saling menyatu satu sama lain sehingga suara lebih mudah merambat.

Jika Anda sedang melakukan renovasi, pastikan untuk mendapatkan izin dari pengelola terlebih dahulu karena suara dari alat-alat seperti ketokan palu akan terdengar sangat nyaring.

4. Memperhatikan Biaya Bulanan Apartemen

Salah satu hal terberat tentang apartemen adalah adanya biaya bulanan tinggal di apartemen yang wajib dikeluarkan berkala. Biaya tersebut diantaranya pengeluaran listrik, air, sinking fund, biaya perawatan, parkir, dan lainnya. Jika terjadi telat bayar atau tunggakan, Anda beresiko terkena teguran keras dan denda.

5. Apartemen Hanya Berfungsi Sebagai Tempat Tinggal

Apartemen dirancang sebagai hunian alias tempat tinggal saja. Jika dialih fungsikan sebagai tempat usaha atau PT, maka hal tersebut bertentangan dengan Pasal 41 ayat 2 huruf a UU 28/2002 yang berbunyi bahwa penghuni wajib memanfaatkan bangunan sesuai fungsinya. Melanggar hukum akan mendapatkan sanksi tegas berupa kurungan penjara paling lama 3 tahun.

Namun ada jenis apartemen legal dengan dwi fungsi, yaitu sebagai hunian dan kantor. Unit ini bernama SOHO (Small Office Small Home) yang banyak dimanfaatkan oleh eksekutif muda dalam membangun perusahaan start up.

Pastikan untuk memilih jenis apartemen yang fungsinya sesuai dengan kebutuhan agar tetap sejalan dengan hukum yang berlaku.

6. Hindari Menjemur Pakaian di Balkon

Menjemur baju basah di balkon akan mengganggu pemandangan. Karenanya, pengelola akan menghimbau penghuni untuk tidak melakukannya, apalagi jika unit apartemen yang dimiliki tergolong elit dan berkelas. Ini demi menjaga citra baik apartemen di mata masyarakat.

Tempat menjemur pakaian telah disediakan di unit masing-masing dan tersembunyi agar tidak terlihat oleh keramaian.

Pada beberapa apartemen kelas menengah mungkin saja peraturan ini tidak ada, jadi tanyakan pada pengelola apakah boleh menjemur pakaian di balkon.

7. Cermati Aturan Tentang Hewan Peliharaan

Umumnya, memelihara hewan di unit apartemen diperbolehkan selama penghuni mampu menjaga kebersihan dan ketertiban. Namun peraturan tersebut tidak baku dan kembali pada kebijaksanaan masing-masing pegelola. Cermati dan tanyakan tentang peraturan membawa binatang atau hewan peliharaan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Itulah beberapa persyaratan dan tata tertib tinggal di apartemen yang wajib diketahui. Terdapat beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat tinggal di apartemen. Aturan tersebut dibuat demi kenyamanan seluruh penghuni.

Artikel Terkait