R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Tipe-Tipe Apartemen Paling Umum Berdasarkan Luasnya

Terdapat beberapa jenis tipe-tipe apartemen berdasarkan luas unitnya. Beberapa di antaranya mungkin sudah sering Anda dengar, dan yang lainnya masih terdengar asing. Untuk itu, berikut kami akan sajikan informasi mengenai tipe-tipe apartemen paling umum agar wawasan Anda semakin bertambah.

Tipe-Tipe Apartemen dan Harganya
Gambar: pexels.com

Apartemen adalah hunian mandiri yang dibangun di sebagian atau seluruh gedung. Status kepemilikanya adalah HGM (Hak Guna Milik) yang berlaku selama 20 tahun dan bisa diperpanjang atau dipindah tangankan saat masa kepemilikannya habis. Anda hanya berhak atas bangunannya saja, tidak dengan tanahnya. Ini karena apartemen dibangun di gedung yang ditinggali bersama.

Karena menitik beratkan pada bangunan, maka apartemen dibuat dengan berbagai jenis tipe ruangan sesuai dengan kebutuhan dan budget penghuni. Jika Anda berminat membeli sebuah unit apartemen, ketahui dulu berbagai tipe-tipe apartemen berdasarkan luasnya berikut ini agar tidak salah pilih.

1. Apartemen Studio

Tipe Apartemen Studio dan Harganya
Gambar: pinterest.com

Jenis pertama yakni apartemen tipe studio yang juga dikenal dengan nama studio flat. Memiliki luasan bangunan yang kecil dan hanya memiliki satu ruangan dengan konsep open plan dimana ruangannya tidak memiliki sekat untuk memberikan kesan lega. Dapur, kamar tidur, dan ruang tengah menyatu dalam satu ruangan.

Tipe apartemen studio memiliki harga paling murah dan mengedepankan efisiensi. Cocok untuk diisi oleh mahasiswa, pekerja yang masih single, atau pasangan yang baru menikah.

2. Apartemen Convertible

Tipe Apartemen Convertible dan Harganya
Gambar: pinterest.com

Apartemen tipe convertible tidak beda jauh dengan tipe studio, hanya saja sedikit lebih luas. Penghuni dapat memberikan sekat untuk membagi dan menghalangi antara ruang tidur dan ruang tengah. Ini membuat area menjadi lebih privat saat ada tamu.

3. Apartemen Alcove

Tipe Apartemen Alcove dan Harganya
Gambar: pinterest.com

Apartemen tipe alcove pun tidak terlalu berbeda luasanya dengan tipe studio. Hal paling mencolok yang membedakannya adalah tipe alcove memiliki bentuk ruangan letter L. Kamar tidur dapat diletakkan di belokan atau sudut sehingga tidak terlihat dari ruang tengah meskipun tidak dipasang partisi ruangan.

Baca Juga: Biaya Bulanan Jika Tinggal di Apartemen

4. Apartemen Loft

Tipe Apartemen Loft dan Harganya
Gambar: pinterest.com

Ciri utama dari tipe apartemen loft adalah memiliki plafon dan langit-langit yang super tinggi. Ini karena apartemen loft memiliki ruangan tambahan atau lantai mezzanine dengan anak tangga sebagai aksesnya. Sehingga dibutuhkan plafon yang tinggi agar ruangan mezzanine dapat terakomodasi dengan baik.

Baca Juga: Peraturan dan Tata Tertib Tinggal di Apartemen

Area setengah lantai inilah yang kemudian membuatnya dinamai apartemen tipe loft yang juga terlihat seperti loteng.

Apartemen loft cukup efektif dalam hal pemanfaatan ruangan karena lantai mezzanine dapat difungsikan sebagai tempat tidur. Sehingga lantai bawah fokus diisi oleh ruangan esensial seperti dapur, ruang tamu, kamar mandi, atau lainnya.

5. Apartemen 1 / 2 / 3 BR

Tipe Apartemen 1 2 3 Bedroom dan Harganya
Gambar: pinterest.com

BR adalah singkatan dari bedroom, maka jika tipe 1 BR berarti apartemen dengan 1 ruang tidur yang mandiri. Ruang tidur ini terpisah dengan ruang tengah, tidak seperti tipe studio yang menyatu seluruhnya. Privasi lebih terjaga karena antar ruangan tidak hanya disekat oleh partisi, melainkan oleh tembok.

Baca Juga: Rumah Atau Apartemen, Pilih Mana?

Untuk tipe 2 BR atau 3 BR kurang lebih sama, yakni memiliki 2 atau 3 ruang tidur mandiri, kemudian ditambah dengan ruang tengah dan kamar mandi terpisah. Denahnya tidak jauh berbeda dengan rumah tapak.

Apartemen tipe ini cocok dihuni oleh keluarga kecil yang sudah memiliki anak karena kebutuhan ruangannya dapat terpenuhi dengan baik.

6. Penthouse

Tipe Apartemen Penthouse dan Harganya
Gambar: pinterest.com

Apartemen tipe penthouse memiliki ruangan yang paling luas dibanding tipe lainnya. Terdapat di lantai teratas gedung apartemen dengan beragam fasilitas mewah nan canggih, salah satunya adalah lift pribadi. Pemandang seluruh kota akan terlihat dari penthouse karena letaknya yang sangat tinggi.

Penthouse memberikan sensasi kemewahan dan privasi ekstra pada penghuninya. Karena memiliki semua kelebihan tersebut, tidak heran jika tipe apartemen penthouse memiliki harga yang mahal bahkan cenderung fantastis.

Itu dia beberapa jenis dan tipe-tipe apartemen paling umum yang ada di Indonesia berdasarkan ruangannya. Manakah tipe apartemen yang menjadi favorit Anda?

Artikel Terkait