R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Ide Bisnis Usaha Kecil-Kecilan Modal Sedikit Untung Besar

Bisnis tidak harus dimulai dengan modal yang besar. Sudah banyak buktinya bisnis yang dirintis dari usaha dengan modal kecil namun bisa menghasilkan untung besar. Jika orang lain bisa, kenapa Anda tidak?

Tidak bisa dipungkiri, modal merupakan salah satu komponen utama dalam membangun bisnis dan usaha. Namun nominal yang diperlukan tidak selalu harus besar. Anda tidak perlu ragu untuk memulai bisnis kecil-kecilan jika hanya memiliki modal kecil. Masih ada faktor lain yang dapat mendukung tumbuh kembang bisnis selain modal.

Bisnis Modal Kecil Untung Besar
Gambar: pixabay.com

Banyak sekali pebisnis besar yang dulunya memulai bisnis dengan modal pas-pasan. Sebut saja mantan menteri kelautan Ibu Susi Pudjiastuti yang di masa mudanya menjadi pengepul ikan di Pangandaran. Dengan kegigihan yang dimiliki, beliau dapat mengembangkan bisnisnya menjadi besar seperti sekarang.

Jadi, Anda tidak perlu minder atau berkecil hati jika masih memiliki modal yang minim. Berikut Digitulis.com berikan referensi jenis-jenis usaha modal kecil yang berpotensi mendatangkan untung besar.

Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Perkembangan digital yang sangat pesat berperan penting dalam perubahan dunia bisnis. Sekarang ini tidak hanya yang bermodal besar saja yang bisa berbisnis dengan bebas. Ibu tumah tangga, mahasiswa, bahkan anak sekolah pun bisa menjalankan usaha kecil-kecilan dengan modal kecil. Ini dia beberapa jenis bisnis yang dimaksud.

1. Catering Rumahan

Makanan adalah produk pokok yang selalu dibutuhkan setiap hari oleh semua orang sehingga ceruk pasarnya cukup besar. Anda bisa membuat makanan khusus sarapan pagi karena biasanya di pagi hari orang-orang sibuk mempersiapkan diri pergi ke kantor atau sekolah sehingga tidak sempat masak.

Selain itu, Anda bisa membuat makanan khusus diet yang berisi menu-menu sehat dan organik. Makanan jenis ini cukup jarang ditemui dan akan sangat dicari oleh orang yang sedang menjalankan pola hidup sehat.

2. Tanaman Hias

Sejak pandemi melanda dunia, hobi memelihara tanaman hias menjadi sangat populer. Bukan tanpa alasan, ini karena kewajiban stay at home dari pemerintah membuat orang-orang stress dan bosan dan memerlukan hobi baru sebagai pengalihan.

Anda bisa membeli tanaman yang masih kecil, merawatnya, untuk kemudian dijual lagi dengan harga yang tinggi. Modal yang diperlukan tidak besar karena perawatannya pun sederhana. Dengan modal minim, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

3. Cuci Motor

Jangan dulu membayangkan mesin pembuat sabun bak salju atau mesin yang mampu mengangkat motor ke atas seperti yang ada di tempat steam motor besar. Modal yang Anda perlukan tidak perlu sebanyak itu. Anda hanya perlu pompa air, sabun dan sampo motor, semir ban, dan kain untuk mengeringkan. Ditambah ketelatenan untuk membersihkan setiap bagian motor yang kotor.

Pengguna motor di Indonesia sangat banyak. Coba hitung berapa banyak motor yang ada di sekitar komplek rumah Anda, pasti banyak sekali, bukan? Anda bisa mencoba memanfaatkan situasi ini menjadi ladang bisnis.

4. Cuci dan Semir Sepatu

Apakah Anda tahu dokter Tirta? Dia adalah seorang dokter yang membuka bisnis perawatan sepatu seperti cuci, semir, pemutihan, dan perbaikan. Saat ini bisnisnya sudah semakin besar dan memiliki omset puluhan juta.

Anda bisa mengikuti jejaknya dengan membuka usaha cuci dan semir sepatu kecil-kecilan. Teknik marketing yang dilakukan dokter Tirta bisa ditiru, yakni memasarkan melalui media sosial dan forum jual beli. Bisnis modal kecil untung besar ini memiliki pasar yang luas, terutama di kalangan anak muda yang hobi mengoleksi sepatu.

5. Laundry Baju

Jika Anda sudah memiliki mesin cuci di rumah, maksimalkanlah potensinya untuk mendatangkan untung lebih banyak. Bukalah jasa laundry kiloan dengan sistem antar jemput agar lebih memudahkan pembeli. Modal yang Anda perlukan hanyalah sabun cuci, pewangi, dan setrika uap. Modal awal yakni mesin cuci sudah dimiliki jadi ini tidak perlu dihitung lagi.

Bisnis modal kecil seperti laundy sangat cocok dilakukan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga yang banyak beraktifitas di rumah.

6. Tempat Parkir Jika Lahan Rumah Luas

Saat ini banyak sekali yang memiliki kendaraan namun tidak memiliki garasi sendiri. Beruntunglah jika Anda memiliki pekarangan atau lahan yang luas karena properti tersebut bisa dijadikan ladang uang. Sewakan lahan tersebut sebagai lahan parkir untuk warga sekitar yang tidak punya garasi.

Apalagi jika Anda memiliki lahan di sekitar mall, stasiun, atau area perkantoran, pastinya peluang bisnis ini terasa makin menggiurkan. Sudah dapat terbayang berapa banyak motor dan mobil yang memerlukan area parkir. Untuk menyaingi parkiran yang ada di mall dan perkantoran, berikanlah harga yang lebih murah dan pastikan untuk menjaga keamanannya.

7. Warung Kopi

Usaha kecil-kecilan ini sudah ada dari dulu, namun sekarang potensinya tambah besar seiring dengan banyaknya ojek online. Biasanya pengendara akan beristirahat dan menunggu orderan secara berkerumun dengan kelompoknya. Anda bisa menjajakan kopi pada mereka atau menjadikan teras rumah sebagai pangkalan ojek online sambil membuka warung.

Modal yang diperlukan adalah beberapa kardus kopi sachet bubuk dari berbagai merk, dispenser untuk air panas, gelas plastik sekali pakai, dan beberapa cemilan kecil seperti kacang atau ciki. Satu sachet kopi seharga Rp 1.500 bisa dijual seharga Rp 3.000 sampai Rp 5.000 jika sudah diseduh.

Bisnis Lainnya

Selain yang disebutkan di atas, beberapa jenis bisnis modal kecil untung besar lain yang bisa dicoba antara lain:

  1. Dropship
  2. Reseller
  3. Kaos Pre-Order
  4. Jual Ikan Hias
  5. Makanan beku (frozen food)
  6. Jasa jahit
  7. Konter pulsa

Itulah beberapa contoh ide usaha untuk memulai bisnis bermodal kecil yang menghasilkan untung besar. Jangan jadikan modal kecil sebagai penghalang. Anda hanya perlu tekun, fokus, konsisten, dan yakin atas apa yang dilakukan. Bukan tidak mungkin bisnis Anda akan menjadi besar secara perlahan.

Artikel Terkait